Resep Manisan Buah Kecapi. Buah Kecapi juga dikenal dengan nama sentul atau ketuat,disebut juga wild mangosteen. Buah Kecapi mempunyai bentuk bulat agak gepeng, berwarna kuning atau kemerahan jika sudah matang, serta berbulu halus seperti beludru. Daging buah berwarna putih, lunak, berair dan melekat pada biji. Memang memakannya agak sulit. Harus dibelah menggunakan pisau, agar terlihat daging buahnya, dan dinikmati. Daging Buah Kecapi memiliki rasa yang manis-manis asam, namun segar sehingga sangat cocok untuk dijadikan olahan makanan manisan.

Baca Juga: Intip Resep Cara Membuat Donat Kentang Empuk Dan Renyah

Olahan Unik Manisan Buah Kecapi Foto:pixabay.com
Olahan Unik Manisan Buah Kecapi Foto:pixabay.com

Resep Manisan Buah Kecapi

Bahan-Bahan

  • 5 Buah Kecapi
  • 250 Gram Gula Pasir
  • 1 Sdt Garam

Langkah-Langkah

  1. Kupas buah kecapi dari kulitnya dan cuci hingga bersih.
  2. Kemudian potong buah kecapi berbentuk balok memanjang ukuran sedang (sesuai selera).
  3. Panaskan air, lalu masukan potongan buah kecapi tadi kedalamnya dan tambahkan gula dan garam. Aduk hingga tercampur rata.
  4. Masak hingga tektur buah kecapi menjadi lebih lunak. Setelah mendidih dan air sudah menyusut, angkat dan dinginkan sebentar.
  5. Manisan buah kecapi sudah dapat disajikan. Baca Juga: Fakta Tentang Buah Kecapi Atau Manggis Hutan Yang Jarang Diketahui

Manisan buah kecapi cocok dikonsumsi secara langsung atau sebagai campuran es buah atau es campur.

Penyimpanan dan Konsumsi Buah Kecapi

Cara menyimpan buah Kecapi juga harus diperhatikan agar anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan optimal.

Tips Penyimpanan

Berikut beberapa tips untuk menyimpan buah Kecapi dengan tepat:

  1. Simpan Buah Kecapi ditempat yang kering dan tidak lembap agar tidak mudah busuk dan kisut. Untuk menghindari buah kecapi basah dan malah akan membuat busuk Sebaiknya jangan mencuci buah kecapi sebelum menyimpannya ke dalam kulkas.
  2. Bungkus Buah Kecapi dengan Kertas. Dengan membungkus buah kecapi dengan kertas akan menyebabkan kesegaran buah kecapi lebih terjaga
  3. Jika membeli secara langsung, pastikan bahwa buah Kecapi tersebut sudah cukup lembut dan mengeluarkan aroma manis, apabila ingin segera dikonsumsi.

Tips Konsumsi

Berikut beberapa tips konsumsi buah Kecapi yang tepat:

  1. Cuci terlebih dahulu dengan air mengalir buah Kecapi hingga bersih lalu tiriskan air yang menempel pada buah kecapi menggunakan tisu,belah buah kecapi menggunakan pisau.
  2. Jangan memakan buah kecapi dengan bijinya karena sangat berbahaya bagi pencernaan.
  3. Sebaiknya buah kecapi langsung dikonsumsi agar vitamin dan gizinya tidak hilang.
  4. Konsumsi buah Kecapi secukupnya saja, 1-2 buah agar tidak terlalu berlebihan. Baca Juga: Olahan Jagung ungu dan Resep Minuman Chicha Morado Asal Peru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *