Pisang merupakan buah yang unik karena dapat dipanen walaupun masih mentah. Hal ini karena pisang bisa matang dengan sendirinya setelah dipanen. Ada beberapa cara mudah untuk membuat pisang cepat matang yang bisa kamu coba di rumah. 

Ketika membeli pisang, terkadang buahnya masih dalam kondisi yang belum benar-benar matang. Biasanya, pisang dipanen saat kulitnya masih berwarna hijau untuk menghindari risiko terlalu matang ketika dijual. Perlu diketahui bahwa pisang bahkan dapat dengan mudah matang ketika diletakkan di ruang terbuka. 

Alasan pisang mudah matang adalah karena adanya gas etilen yang sering ditemukan dalam buah atau sayuran. Etilen inilah yang memegang peranan kunci untuk proses pematangan pada pisang. Gas ini letaknya berada pada batang pisang. 

Buah pisang membutuhkan waktu beberapa hari setelah membeli untuk bisa matang. Nah, bagi kamu yang ingin segera mengonsumsinya ada tips mudah untuk bisa membuatnya cepat matang. 

Cara Membuat Pisang Cepat Matang

Pisang cepat matang
Ilustrasi pisang yang belum terlalu matang

Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara paling mudah yang bisa dilakukan di rumah untuk membuat pisang cepat matang.

  1. Simpan dengan Kertas Pembungkus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *