Salah satu bahan yang wajib ada di dapur adalah bawang putih. Selain sebagai bumbu dapur, bawang putih sebagai pengawet alami makanan tentunya aman untuk dikonsumsi oleh tubuh. 

Makanan rumahan cenderung mudah basi jika dibandingkan makanan kaleng dan makanan cepat saji. Hal ini karena cara menyimpan bahan-bahan masakan yang salah sehingga mudah terkontaminasi oleh bakteri. Alhasil, bukan menjadi hal yang mengejutkan apabila produsen makanan menggunakan pengawet makanan agar produknya menjadi tahan lama. 

Lantas bagaimana dengan bahan masakan rumah yang juga mudah basi? Melansir dari berbagai sumber, untuk mengawetkan bahan masakan bisa dengan memanfaatkan bumbu dapur salah satunya yaitu bawang putih. 

Bawang Putih sebagai Pengawet Alami

Bawang putih diketahui memiliki kandungan senyawa Allicin yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan mikroba dan bakteri. Allicin yang ada pada bawang putih sangat efektif untuk membunuh bakteri. Senyawa allicin ini memiliki sifat antimikroba yang dapat membuat makanan menjadi tahan lama karena bakteri akan musnah. 

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam bawang putih juga dapat membantu menurunkan kadar pH pada makanan dan juga mencegah makanan menjadi basi. 

Cara pengawetan alami dengan memanfaatkan bawang putih terbilang mudah. Cukup iris tipis atau cincang bawang putih kemudian balurkan ke bahan masakan yang ingin diawetkan. Setelahnya, jangan lupa simpan ke wadah kedap udara agar proses pengawetan bisa lebih maksimal. Metode ini lebih sering dilakukan untuk mengawetkan ikan atau daging sehingga mampu bertahan hingga 20 hari lamanya. 

Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *