5 Manfaat Utama Konsumsi Keju Foto:pixabay.com
5 Manfaat Utama Konsumsi Keju Foto:pixabay.com

Keju merupakan jenis makanan hasil proses fermentasi susu dengan bantuan bakteri baik Lactobacillus dan Bifidiobacterium. Keju umumnya berwarna kuning pucat dengan tekstur sedikit kenyal dan biasa diolah sebagai campuran makanan seperti roti. Keju memiliki manfaat yang baik bagi tubuh apabila dikonsumsi secara rutin dengan porsi yang cukup (tidak sedikit maupun berlebihan). Simak 5 Manfaat Utama Konsumsi Keju Yang Wajib Kamu Tahu berikut ini:

Baca Juga: Jangan Dibuang! Ini Manfaat Kulit Pisang Untuk Makanan

Manfaat Konsumsi Keju

  1. Membantu Meningkatkan dan Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Didalam keju mengandung kalsium, vitamin D, magnesium dan zinc dimana beberapa senyawa atau zat tersebut memiliki peran untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan tulang maupun gigi. Sehingga membuat keju sangat direkomendasikan dikonsumsi untuk berbagai kalangan mulai dari anak-anak maupun bagi orang dewasa untuk menghindari adanya kerusakan atau keropos pada tulang. Kandungan kalsium pada keju tidak hanya bermanfaat bagi tulang saja, namun juga membuat gigi menjadi lebih kuat dan terhindar dari bakteri perusak gigi. Baca Juga: Mari Ketahui Manfaat Petai Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Menurunkan Tekanan Darah Pada Tubuh

Bagi penderita hipertensi, mengonsumsi keju dapat menjadi salah satu asupan makanan alternative untuk membatu mengontrol tekanan darah agar stabil atau tidak naik. Hal ini dikarenakan pada keju, selain rendah lemak juga rendah akan kadar garamnya. Sehingga mengonsumsi rutin keju sangat aman bagi penderita hipertensi. Selain itu juga jamur yang dihasilkan dari proses fermentasi keju dipercaya dapat menghambat dan menangkahl bakteri jahat dalam tubuh.

  1. Mencegah Terjadinya Kanker

Baca Juga: Kenali Hebatnya, Manfaat Jagung Manis Untuk Ibu Hamil

Manfaat lain yang didapatkan dari mengonsumsi keju adalah sebagai penangkal munculnya penyakit kanker didalam tubuh. Keju mengandung senyawa asam linoleat yang berfungsi untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel jahat penyebab kanker serta vitamin B yang cukup tinggi pada keju juga berperan dalam meningkatkan imunitas atau kekebalan dalam tubuh, sehingga kedua zat tersebut bersinergi untuk mencegah adanya penyakit didalam tubuh salah satunya kanker.

  1. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Mengonsumsi keju juga memberikan manfaat untuk meningkatkan tingkat kecerdasan dan daya ingat otak, karena adanya senyawa Antioksidan bernama Glutathione dan Omega-3, dimana senyawa tersebut bekerja dengan menjaga produktivitas diorgan otak sehingga dapat mengurangi atau mencegah adannya defisiensi fungsi otak dan kehilangan emori pada anak-anak maupun orang dewasa.

  1. Mengurangi Gula Darah Yang Tinggi (Diabetes)

Bagi penderita diabetes, mengonsumsi keju sangatlah baik dan dianjurkan, hal ini karena didalam keju terdapat lemak baik hasil fermentasi yang membantu tubuh untuk meningkatkan sensitivitas insulin di dalam tubuh. Dengan terjaganya tingkat sensitivitas insulin pada tubuh, makan kadar gula dalam tubuh dapat terkontrol sehingga mencegah atau mengurangi penyakit diabetes.\

Baca Juga: Masih Awam di Dengar Ternyata Buah Kecapi Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *