Kebersihan Ruangan Rumah
sumber foto: unsplash.com

Kebersihan ruangan rumah adalah hal utama karena setiap hari orang terkasih tinggal di tempat bernama rumah. Tentunya ada keinginan orang-orang di rumah supaya terhindar dari penyakit. Kebersihan rumah yang sudah menjadi kebiasaan yakni seperti menyapu, mengepel, dan membuang sampah rumah atau limbah rumah tangga. Bahkan sejak kecil pun sudah diajarkan membersihkan diri dan barang milik sendiri.

Kebersihan ruangan rumah yang bersih pastinya akan menambah kenyamanan penghuninya juga. Jika sudah nyaman lalu tidak akan masalah jika mengundang tamu untuk berbagi kenyamanan. Semakin banyak tamu yang datang akan memberikan rezeki dan keakraban antara tamu dengan tuan rumah. Maka dari itu manfaat yang didapat dari menjaga kebersihan rumah yakni kesehatan, kenyamanan, dan rezeki.

Ketika membersihkan rumah jangan lupakan beberapa hal ini yang sama pentingnya. Saking banyaknya ruangan di rumah, belum lagi isinya pasti membuat beberapa bagian ini terlupakan.

  1. Ruangan Kamar

Ruangan yang paling sering digunakan untuk beristirahat setelah lelah seharian juga menjadi hal sepele pertama. Kebersihan kamar perlu dijaga lebih ketat karena menjadi ruangan terdekat yang bisa mempengaruhi kesehatan dan kebersihan si pemilik ruangan. Sebaiknya seminggu sekali dilakukan pembersihan di pojok ruangan, kebersihan lemari, dan belakang lemari. Jangan dilupakan juga untuk mengganti seprai kasur, seprai bantal dan guling, serta membersihkan kasur, bantal, dan guling. Karena tempat tidur merupakan bagian yang jarang dibersihkan dibanding benda lain di kamar.

  1. Gudang / Garasi

Bagian ruangan ini sesuai fungsinya untuk menyimpan barang yang biasanya tidak terpakai. Barang diletakann begitu saja lalu didiamkan dengan waktu yang lama pastinya memunculkan banyak debu. Meski keperluan di ruangan ini sangat sedikit tapi tetap perlu dibersihkan juga ruangan dan isinya. Membersihkan ruangan ini sekedar menghilangkan debu, menyapu dan mengepel, atau lebih bagus jiga menata barang di Gudang sehingga mudah dicari. Karena jika dibersihkan justru beresiko akan merusak barang di dalamnya.

  1. Mengganti Air Referigator

Mengganti air referigator yang berfungsi untuk mendinginkan ruangan menjadi hal yang sering terlupakan. Air referigrator yang biasa didapati di AC, kulkas, dispenser juga perlu diganti dengan air yang bersih. Jika tidak diganti air referigator bisa menjadi sarang jentik jamuk yang berbahaya untuk penghuni rumah. Dampak lainnya yakni jika kulkas akan tidak optimal menjaga kesegaran makanan dan minuman ketika dikonsumsi.

  1. Menguras Penampungan Air

Tempat berikutnya yakni membersihkan tempat penampungan air seperti toren atau bak mandi. Apalagi kebersihan toren sangat perlu dibersihkan seminggu atau dua minggu sekali supaya terhindar dari endapan kotoran yang tidak sengaja mengalir ke bak mandi. Menjaga kebersihan penampungan air bisa mencegah dari penyakit kulit dan terhindar dari kerusakan aliran air di kemudian hari. Kebutuhan air di rumah pasti sangat penting semua  penghuni rumah untuk menjaga kebersihan diri.

Baca juga: Cara Cegah Limbah Rumah Tangga

Beberapa hal tadi pastinya bisa mengingatkan untuk menjaga kebersihan bagian rumah yang sering terlewat. Tidak sulit dilakukan karena banyak alat kebersihan yang dapat membantu membersihkan ruangan yang sulit dijangkau. Dengan menjaga kebersihan bagian rumah tersebut pastinya akan memberikan jaminan lebih kesehatan rumah serta penghuninya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *