latihan berkebun
sumber foto: unsplash.com

Berdiam diri di kosan selama pembatasan kegiatan memang sangat menjenuhkan. Mencoba kegiatan baru seperti olahraga sudah dilakukan dan ingin menambah kegiatan baru supaya nyaman di kosan. Salah satu kegiatan yang bisa dicoba yakni Latihan berkebun di kamar kosan. Merawat tanaman sampai dipanen tentunya bisa menambah aktifitas harian menyenangkan.

Dengan luas ruangan yang terbatas pastinya hanya beberapa jenis tanaman saja yang bisa ditumbuhkan. Tapi jangan khawatir, selama kamar kosan mendapatkan sinar matahari dari jendela tentunya bisa mempermudah berkebun. Bahan untuk memulainya juga bisa dimulai dari container kecil dan pot tanaman yang diletakkan di meja maupun pot gantung. Proses penyiraman tanaman juga tidak akan membuat kamar kotor.

Seperti yang sebelumnya disebut untuk jenis tanamannya sendiri memang terbatas.

berikut ini tanaman untuk Latihan berkebun di kamar kosan.

  1. Sayur Tauge (2-6 hari)

Menumbuhkan tanaman tauge pastinya semua orang pernah melakukannya semasa sekolah. Peralatan yang minim dan waktu menuju panen yang singkat. Dengan media tanam berupa kapas tentunya sangat menghemat kamar kosan. Cara penanamannya hanya dengan meletakkan biji kacang hijau ke kapas basah dan tinggal diletakkan seharian di bagian kamar yang terkena cahaya matahari. Media tanamnya juga bisa disimpan di dalam container kecil atau tempat makan, sayur tauge bisa dipanen kemudian dalam dua hingga enam hari.

  1. Baby Wortel (30 Hari)

Selanjutnya bisa menanam baby wortel, ukuran sayuran ini yang lebih kecil dibanding wortel biasa akan menghemat ruangan kosan. Waktu panennya sendiri berkisar 30 hari sampai bisa dipanen. Wortel merupakan tanamah yang tumbuh ke dalam tanah seperti tumbuhnya akar. Maka dari itu diperlukan wadah yang memiliki tinggi 20cm supaya wortel dan akar bisa tumbuh leluasa. Luas wadahnya sendiri tergantung sebarapa banyak wortel yang akan ditanam, jika ingin menumbuhkan 1-2 baby wortel bisa menggunakan pot ataupun botoh mineral ukuran besar.

Baca juga: Cara Membuat Selai Apel

  1. Selada (30 Hari)

Sayuran ini pasti favorit karena praktis untuk diolah. Selada menjadi daftar tanaman yang bisa ditumbuhkan di kamar kosan. Penggunaan wadah tanam berupa ukuran minimal 15 cm sudah bisa menghasilkan beberapa lembar daun selada. Waktu tanam juga terhitung singkat yakni 30 hari bisa menambah kegiatan baru merawat tanaman jenis ini. Selada sangat menyukai drainase tanam yang baik. Maka dari itu jangan lupa untuk lubangi bagian bawah pot.

Beberapa daftar tanaman tadi bisa jadi kegiatan baru di kosan selama pembatasan berlangsung. Pastikan kamar kosan mendapat cahaya yang baik dan punya rencana tanaman tersebut akan diletakkan dimana di kamar kosan. Manfaat yang didapat dengan menanam tadi bisa menjadi kegiatan relaksasi dan rekreasi sekaligus menambah asupan sayuran yang pasti sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *