Beberapa waktu belakangan ini, beredar informasi melalui pesan di aplikasi Whatsapp yang menyatakan bahwa mengonsumsi labu kuning dapat menyembuhkan covid-19. Tak sedikit orang yang meyakini kebenaran dari informasi tersebut, tapi tak sedikit pula yang meragukannya. 

Selama pandemi masih berlangsung, banyak sekali informasi khasiat dari buah ataupun sayuran yang dipercaya bisa menyembuhkan covid-19. Mengonsumsi buah atau sayuran memang dianjurkan sebagai bentuk pemenuhan nutrisi yang diharapkan bisa memperkuat imun tubuh. Tapi, bukan berarti kesembuhan hanya bisa diraih dengan mudah begitu saja. 

Dapat Menyembuhkan Covid-19?

Melansir dari laman resmi Satgas Covid-19, bisa dipastikan bahwa informasi yang beredar mengenai labu kuning mampu sembuhkan covid-19 hanyalah hoax semata. Hingga saat ini, belum ada penelitian yang menyatakan bahwa labu kuning telah teruji mampu sembuhkan seseorang yang terkena covid-19. 

Kisah seseorang yang bisa sembuh setelah mengonsumsi labu kuning bisa jadi hanya suatu kebetulan saja. Sebab, tak ada bukti tertulis mengenai hal ini. 

Manfaat Labu Kuning bagi Kesehatan

Labu kuning

Meskipun tidak terbukti secara klinis dapat menyembuhkan covid-19, labu kuning tetap baik untuk dikonsumsi sebab kandungan gizinya. Labu kuning merupakan buah dengan kandungan kalori yang rendah namun kaya akan vitamin dan mineral.

  1. Membantu Meningkatkan Penglihatan 

Sayuran atau buah berwarna oranye seperti wortel dan labu kuning merupakan sumber vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Warna oranye pada labu kuning berasal dari beta karoten yang dikonversi menjadi vitamin A. 

Labu kuning juga memiliki kandungan senyawa lutein dan zeaxanthin yang bermanfaat mengurangi risiko terkena katarak. 

  1. Meningkatkan Imunitas

Kandungan vitamin A yang didapatkan oleh tubuh ketika mengonsumsinya akan membantu melawan infeksi, virus, bakteri, atau penyakit yang ada pada tubuh. Selain vitamin A, labu kuning juga mengandung hampir 20% vitamin C yang juga sudah dikenal mampu untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. 

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa labu kuning memiliki kandungan kalori yang rendah. Bagi orang yang sedang defisit kalori tentunya labu kuning bisa menjadi alternatif konsumsi. 

Labu kuning juga kaya akan serat yang dapat memperlambat pencernaan. Ketika mengonsumsi labu, rasa kenyang yang ada akan bertahan lebih lama. 

Meskipun tidak terbukti secara pasti mampu sembuhkan covid-19, labu kuning tetap bagus dikonsumsi oleh tubuh agar memiliki daya tahan tubuh yang kuat sehingga bisa mencegah terjadinya penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *