Kopi merupakan salah satu tanaman yang mengandung kafein di dalamnya. Kafein mampu mengusir rasa kantuk sehingga tak heran apabila banyak yang memiliki ketergantungan akan kopi. Walaupun demikian, minum kopi berlebihan juga dapat berbahaya bagi kesehatan.

Setiap orang memiliki tingkat toleransi konsumsi kopi yang berbeda-beda. Jika masih konsumsi dalam ukuran yang wajar, nutrisi akan didapatkan. Sebaliknya, jika berlebihan maka yang akan didapatkan adalah efek samping yang membahayakan.

Kandungan Kopi

Selain mengandung kafein, kopi juga memiliki beberapa kandungan yang apabila dikonsumsi dalam takaran yang wajar dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Apa saja kandungannya? 

Kopi mengandung asam klorogenat yang berperan sebagai antioksidan eksogen bagi tubuh. Antioksidan eksogen ini dapat mencegah kerusakan sel serta menghambat pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, kopi yang disajikan tanpa gula ataupun susu memiliki kandungan gizi yang menyehatkan. Beberapa kandungan gizi yang terkandung dalam kopi murni adalah vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, mangan, kalium, natrium, dan magnesium. 

Efek Samping Minum Kopi Berlebihan

Segala sesuatu yang berlebihan akan berujung pada hal-hal yang tidak diinginkan. Minum kopi pun demikian.

Beragam kandungan gizi pada kopi memang mampu mendatangkan efek yang baik bagi kesehatan tubuh. Tetapi, bukan berarti bisa mengonsumsinya terlalu sering karena justru akan mendatangkan efek samping di bawah ini. 

  1. Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *