Khasiat Gulma Bagi Tubuh Yang Jarang Diketahui Foto:pixabay.com
Khasiat Gulma Bagi Tubuh Yang Jarang Diketahui Foto:pixabay.com

Gulma dalam bahasa inggris disebut dengan “a plant out of place” yang artinya tumbuhan yang tumbuh salah tempat. Gulma secara umum didefinisikan sebagai segala tumbuhan yang hidup atau muncul bukan atas keinginan manusia, yang menimbulkan gangguan pada tanaman budidaya. Meskipun gulma dianggap sebagai tumbuhan liar, akan tetapi terdapat cukup banyak jenis-jenis gulma yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Pemanfaatan Limbah Pertanian Sebagai Pupuk Organik

Rumput Teki atau Teki Ladang (Cyperus rotundus L)

  1. Deskripsi Tanaman

Rumput Teki atau Teki Ladang (Cyperus rotundus L) adalah salah satu jenis gulma darat yang mudah dijumpai pada lingkungan iklim tropis, subtropis, dan sedang. Rumput Teki juga tumbuh liar di tempat terbuka atau sedikit terlindung dari sinar matahari pada wilayah dataran rendah dengan ketinggian 1000 m diatas permukaan laut.

  1. Morfologi Tanaman

Secara morfologi akar pada rumput teki mempunyai sistem perakaran serabut menjalar yang membengkak atau membesar dibagian tengah membentuk rumpun umbi berwarna coklat dengan aroma yang wangi. Sedangkan batangnya berbentuk segitiga (tringularis) dan dapat mencapai ketinggian 10 – 75 cm. Arah tumbuh batangnya tegak lurus.

Bagian daun dari Rumput Teki berbentuk pita, berwarna mengkilat dan berjumlah 4 -10 helai yang berkumpul pada pangkal batang membentuk roset akar (pengaturan daun yang berpusar, dan umumnya dekat pada permukaan tanah). Ujung daun meruncing, lebar helaian daun berkisar 2-6 cm. Rumput teki juga tergolong tanaman berbunga (Magnoliophtya), kelompok bunga majemuk dengan 8-25 kuntum bunga yang tumbuh secara berumpun membentuk seperti payung pada satu pokok tanaman. Selain bunga, rumput teki atau teki ladang juga mempunyai buah berwarna coklat kehitaman berbentuk oval telur dengan jumlah 2-3 buah pada setiap tanamannya.

Perkembangbiakan dari Rumput Teki adalah secara vegetatif mengandalkan stolon atau geragih yang berada didalam tanah. Selain berfungsi sebagai alat perkembangbiakan vegetatif, stolon atau geragih, juga berguna untuk menjaga kelangsungan hidup dikeadaan ekstrem pada rumput teki.

  1. Manfaat Tanaman

Rumput teki yang dianggap tanaman liar atau tumbuhan yang tidak berguna, ternyata memiliki manfaat yang cukup baik untuk mengatasi beberapa penyakit seperti menyembuhkan luka, menghilangkan ketombe, Mengobati penyakit kulit, Mengobati sakit mata, Pereda demam, Pereda diare, Mengobati gangguan mental. Akan tetapi tidak semua bagian dari rumput teki dapat dijadikan alternatif pengobatan dan diperlukan proses pengolahan yang higinies serta uji laboratorium.

Tanaman Paku Suplir (Adiantum capillus-veneris)

  1. Deskripsi Tanaman

Gulma Paku Suplir merupakan jenis gulma darat yang hampir sangat mudah ditemukan didaerah yang lembab/basah seperti di dekat aliran air (sungai, rawa, dan danau), serta didaerah pegunungan. Paku Suplir biasa disebut sebagai Tracheophyta atau tanaman berpembuluh, karena tanaman ini mempunyai pembuluh pengangkut, meskipun masih sangat sederhana dibandingkan dengan tanaman jenis lain. Baca Juga: Masih Awam di Dengar Ternyata Buah Kecapi Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Morfologi Tanaman

Morfologi dari gulma paku suplir hanya terdiri dari tiga bagian saja, yaitu daun, batang dan akar. Daun pada paku suplir berbentuk panjang membulat simetris dan runcing dibagian ujungnya dengan sistem pertulangan sporofil atau menyirip. Daun paku suplir tergolong atau termasuk jenis daun majemuk dengan helaian daun yang berbeda pada satu tangkai tanaman dan dipermukaannya terdapat bulu-bulu halus dengan bintil spora dibalik daun. Daun tanaman suplir berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua macam jenis daun yaitu daun tropophyl (daun untuk fotosintesis saja/daun steril ) dan daun sporophyl (daun penghasil spora/ daun fertil ). Sedangkan berdasarkan ukurannya tumbuhan paku suplir ini terbagi menjadi dua macam jenis daunnya yaitu daun Makrophyl dan daun Mikrophyl.

Sedangkan bagian batang paku suplir memiliki warna yang hitam mengkilat dan berduri tegak atau semi tegak serta dijumpai sisik-sisik yang bertekstur lunak maupun keras. Batang lotus memiliki beberpa bagian cabang yang bentuknya seperti tongkat (rhizome). Cabang pada batang ini biasanya terdapat daun dengan jumlah yang cukup banyak dan ketinggiannya bisa mencapai sekitar 0, 25 sampai 1, 3 meter. Sedangkan susunan anatomi batang suplir sendiri yaitu mulai dari epidermis, korteks dan stele. Pada ujung batang tanaman suplir ini juga terdapat jaringan meristematik yang membentuk akar dan batang.

Baca Juga: Jangan Dibuang! Ini Manfaat Kulit Pisang Untuk Makanan

Akar paku suplir termasuk jenis akar serabut dengan tipe akar memanjat semakin keatas. Bagian ujung akar tanaman suplir dilindungi oleh kaliptra atau tudung akar. Sedangkan di bagian belakang kaliptra terdapat titik tumbuh berupa sebuah sel yang bentuknya seperti bidang segiempat dan bagian yang kearah luar membentuk sel-sel kaliptra, sedangkan jika menuju kearah dalam maka membentuk sel-sel akar

  1. Manfaat dan Perkembangbiakan

Tanaman Paku Suplir berkembang biak dengan cara generatif lewat spora yang dihasilkan oleh sporangium. Paku Suplir biasa dimanfaatkan sebagai tanaman hias diruang tamu untuk mempercantik dan menyegarkan udara yang ada diruangan.

Bandotan (Ageratum conyzoides)

  1. Deskripsi dan Morfologi

Bandotan adalah salah satu gulma darat yang sering dijumpai hampir di setiap daerah tropis. Bandotan atau dikenal dengan babadotan memiliki morfologi akar jenis tunggang dikarenakan tergolong tumbuhan dikotil. Batang pada bandotan berbentuk bulat, tegak, mempunyai cabang dan berbulu diseluruh batangnya, dengan struktur daun lebar dengan ujung lancip bergerigi. Sedangkan bunga pada Babadontan berwarna putih, biru muda dan keunguan, mempunyai mahkota sepeti lonceng dengan diameter 5 sampai 15 mm dan berkelompok biasanya satu kelompok bisa mencapai 30 buah bunga.

  1. Manfaat dan Perkembangbiakan

Meskipun dianggap sebagai gulma atau tanaman liar yang tidak bermanfaat, badontan dipercaya dapat digunakan sebagai obat tradisional seperti:

  • Mengatasi asam urat
  • Menyembuhkan Luka luar
  • Mengatasi Penyakit Mata
  • Mengatasi Kista
  • Menangkal Diabetes
  • Mengobati Maag

Bandotan berkembangbiak secara generatif, melalui biji untuk menghasilkan individu baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *