Kulkas menjadi tempat andalan banyak orang untuk menyimpan bahan masakan. Tapi ternyata, tak semua bahan masakan bisa disimpan dalam kulkas. Beberapa justru malah dapat menimbulkan bahaya, salah satunya adalah kentang. Mengapa demikian? Mari simak pembahasan tentang bahaya menyimpan kentang dalam kulkas berikut ini. 

Bahaya menyimpan kentang dalam kulkas
Ilustrasi kentang by freepik.com

Kentang menjadi salah satu bahan pangan alternatif yang dipilih setelah padi, gandum, dan jagung. Alasannya karena kentang dapat diolah menjadi berbagai bentuk dan cita rasa sehingga tidak menimbulkan rasa bosan. 

Terkadang, kentang tidak langsung diolah setelah membelinya. Alih-alih mengolahnya, kentang justru disimpan di dalam kulkas dengan harapan bisa tahan lama. Padahal, menyimpan kentang dalam kulkas tidak disarankan. 

Bahaya Menyimpan Kentang dalam Kulkas

Menyimpan kentang segar dalam kulkas untuk menjaga kesegaran kentang bukanlah pilihan yang tepat. Kelembaban dalam kulkas akan membuat tekstur kentang lebih cepat lembek. Ada juga bahaya yang akan mengintai kesehatan tubuh apabila hal ini dilakukan. 

Kentang segar yang disimpan di dalam kulkas rentan mengalami peningkatan kadar gula. Ketika kentang terpapar suhu rendah yang ada di dalam kulkas, kandungan pati pada kentang yang cukup tinggi akan berubah menjadi gula. Alhasil, cita rasa kentang menjadi kelewat manis dari yang seharusnya. 

Kandungan gula akan muncul ketika kentang dimasak dengan suhu tinggi seperti digoreng atau dipanggang. Akibatnya, gula akan bercampur dengan asam amino dan menghasilkan zat kimia bernama akrilamida. Zat ini bisa meningkatkan risiko terkena kanker atau penyakit kronis lainnya. 

Selain itu, kentang yang disimpan di kulkas dalam waktu yang lama juga dapat menimbulkan reaksi kimia dan berpotensi menjadi racun. Bisa dibayangkan bukan, berapa banyak racun yang mengendap dalam tubuh jika kita terus menyimpan kentang dengan cara ini. 

Efek yang akan dirasakan oleh tubuh memang tidak langsung terjadi. Konsumsi jangka panjang dengan cara penyimpanan yang salah akan dirasakan di kemudian hari. Maka dari itu penting untuk mencegah sedini mungkin agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Banyak cara penyimpanan yang bisa diterapkan agar kentang tahan lama dan kesegarannya terjaga meskipun tanpa kulkas. Semoga bermanfaat! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *