Es Timun Serut Sirup Melon
Es Timun Serut Sirup Melon/ sumber foto: kompas.com

Es Timun Serut Sirup Melon bisa menjadi pilihan menyegarkan tubuh ketika siang hari dan hanya berbahan mentimun. Sayuran yang mengandung air dan berwarna hijau seperti mentimun ini bukan cuma enak dikonsumsi sebagai lalapan ataupun acar.  Walaupun biasanya sayur mentimun biasa ditemui ketika memakan ayam goreng.

Meskipun mentimun biasa disajikan sebagai pendamping makanan utama tapi tetap memberikan manfaat juga. Mentimun merupakan salah satu sumber silika yang berfungsi memperkuat jaringan sendi dan beragam vitamin. Mentimun juga bermanfaat guna menjaga kesehatan usus, mencegah sembelit, menghindari batu ginjal, dan sebagainya. Sayur yang banyakan mengandung air tentunya bisa sekaligus menghilangkan radang tenggorokan.

Makanan ayam goreng sampai jajanan kaki lima rasanya tak lengkap kalau tidak ada timun.  Olahan timun juga bukan cuma sebagai pendamping makanan, tapi juga bisa dijadikan bahan utama sajian di meja makan. Salah satu olahan berbahan utama mentimun yakni es timun serut sirup melon.

Es Mentimun Serut Sirup Melon ini mudah dibuat dan dapat dinikmati untuk enam orang di rumah, berikut bahan dan cara membuat :

Bahan:

  1. Mentimun 2 buah
  2. sirup melon satu gelas atau secukupnya
  3. Air 800ml
  4. Buah tambahan seperti selasih atau jeruk
  5. es batu

Cara membuat Es timun:

  1. Bersihkan mentimun dibawah air mengalir, kemudian potong ujung kedua sisi timun.
  2. Buat mentimun jadi bagian-bagian kecil, bisa diparut atau di potong menggunakan pisau
  3. Dalam wadah es timun, masukkan air, es batu, serta sirup secukupnya lalu diaduk.
  4. Terakhir masukukan potongan timun ke dalam wadah tadi
  5. Masukkan juga buah selasih
  6. Es timun sudah siap dihidangkan

Mudah bukan membuatnya, bahan membuatnya juga tidak sulit didapatkan di dapur. Sensasi es mentimun yang segar ditambah rasa melon dan buah tambahan tentunya enak dinikmati ketika siang hari beserta keluarga. Manfaat jeruk juga memberikan rasa asam yang menyegarkan dan vitamin C. Si kecil di rumah juga jadi lebih suka dengan olahan sayuran ini kalau dibuat minuman segar es mentimun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *