Rasa Pedas
Sumber Foto : Pixabay.com

Pedas menjadi rasa makanan yang bagi orang Indonesia banyak disukai dan tidak disukai. Rasa pedas yang dihasilkan dari cabai bisa bikin orang segera mencari minuman atau bahkan menambah lahap makanan. Misalnya saja konten kreator Tiktok bernama “anggun_supriadi” yang kuat memakan cabai terpedas dengan jumlah tidak normal. Melihat kontennya saja sudah terbayang rasa pedas yang bisa ditahan lidah konten creator ini.

Meski rasa pedas bisa membuat lidah merasa tidak nyaman, tapi sebenarnya rasa pedas juga memiliki manfaat. Menurut Healthline, rasa pedas memiliki manfaat kesehatan seperti mempercepat metabolisme, mencegah peradangan tubuh, dan melawan sel kanker, rasa pedas dari cabai dan paprika bisa memberikan vitamin C dan vitamin A juga. Dari segi rasa itu sendiri, rasa pedas akan memperkaya cita rasa dan meningkatkan nafsu makanan.

Sensasi tubuh berkeringat hingga terbakar justru banyak disukai orang Indonesia. Beberapa cemilan dan kedai malah mengunggulkan rasa pedas yang variative. Apalagi jenis sambal olahan daerah di Indonesia sangat banyak menjadikan rasa pedas tidak bisa lepas dari makanan. Bagi penyuka pedas perlu untuk bisa membatasi rasa pedas berlebih di lidah supaya tidak menimbulkan resiko penyakit.

  1. Minum air hangat

Meminum air hangat memang membuat lidah lemakin terasa panas. Meski demikian, justru air hangkat lebih cepat untuk menghilangkan rasa pedas di lidah. Kandungan capsaicin yang memberi rasa pedas lebih mudah dinetralisir oleh air hangat dibanding air dingin. Selain lebih mudah dinetralisir, air hangat juga lebih mudah dicerna tubuh. Air hangat tersebut bisa digunakan untuk diminum ataupun kumur-kumur semata.

  1. Kandungan protein

Dilansir dari detik, rasa pedas bisa dihilangkan susu karena kandungan capsaicin ini mudah larut dengen lemak yang dimiliki susu. Kandungan protein serta casein susu juga membuat rasa pedas tidak bisa larut dari lidah. Meski ketika minum susu rasa pedas akan semakin terasa tapi setelah detik rasa pedas kemudian akan menghilang. Olahan susu lainnya juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa pedas seperti keju, setelah mengkonsumsi susu ataupun keju lebih baik setelahnya minum juga air mineral.

  1. Kandungan asam buah

Cara terakhir supaya tidak kepedesan ialah dengan memakan yang mengandung asam seperti tomat. Rasa asam tomat bisa menekan rasa pedas di lidah sehingga terdapat rasa asamnya tomat. Bukan cuma tomat, buah seperti jeruk, lemon, dan nanas juga bisa menghilangkan rasa pedas. Buah tersebut bisa dikonsumsi baik secara mentah maupun diolah menjadi jus ataupun teh lemon hangat.

Selain bisa menghilangkan rasa pedas, coba juga olahan jeruk untuk memperkuat imun disini

Beberapa cara tadi bisa dipersiapkan jika akan mengkonsumsi makanan pedas. Perlu diingat juga jika kadar tubuh menerima rasa peda tiap orang akan berbeda-beda. Bagi pengidap maag tentunya perlu memperhatikan lebih serius lagi ketika ingin makan makanan pedas. Meski demikian, tetap saja apapun makanannya terasa kurang jika tidak ditambah pedas sambal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *