Resep Mashed Potato Cheese Foto:pixabay.com
Resep Mashed Potato Cheese Foto:pixabay.com

Kentang umumnya diolah atau dimasak menjadi sambal goreng, kentang balado atau perkedel saja. Namun kini, kentang dapat dijadikan makanan yang lezat, sehat dan mudah membuatnya, salah satunya adalah Mashed potato. Mashed potato merupakan makanan berbahan dasar kentang bertekstur lembut, karena kentang diproses dengan cara dihaluskan lalu dicampur beberapa bahan seperti susu dan keju serta rempah-rempah seperti garam dan merica. Di Eropa Mashed potato biasa disajikan sebagai makanan pendamping bersama steak. Namun, sekarang hampir semua restoran menjualnya dan orang dapat membuatnya sendiri karena prosesnya yang cukup mudah. Mari kita simak resep Mashed Potato Cheese berikut:

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Olahan Kentang yang Unik dan Menarik

Resep Mashed Potato Cheese

Bahan-Bahan

  • ¼ Kg Kentang
  • Susu Cair
  • 1 Sdt Garam
  • Keju
  • ½ Sdm Merica bubuk
  • Mentega
  • Lada
  • Parsley

Langkah-Langkah

  1. Kupas kentang hingga bersih dari kulitnya, lalu cuci untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Kemudian potong dadu berkukuran sedang. Baca Juga: Intip Resep Cara Membuat Donat Kentang Empuk Dan Renyah
  2. Rebus kentang selama kurang lebih 15-20 menit hingga teksturnya berubah menhttp://mashjadi lebih lunak.
  3. Angkat kentang, lalu haluskan menggunakan potato masher atau dapat menggunakan blender dan ulekan.
  4. Panasakan susu cair bersama mentega, lalu aduk hingga rata dan tuang kedalam wadah yang sudah berisi kentang halus tadi.
  5. Tambahkan garam, merica bubuk dan parutan keju, lalu aduk kembali hingga tercampur rata.
  6. Selanjutnya masak lagi dengan api kecil selama 3 menit sambil diaduk dengan ditambahkan parsley. Setelah matang angkat dan letakan didalam piring atau mangkuk lalu beri lada bubuk secukupnya.
  7. Mashed potato cheese siap untuk disajikan.

Resep diatas dapat digunakan untuk 2 porsi, penyajian mashed potato dapat dinikmati bersama sosis maupun ayam bakar/ayam goreng. Mengonsumsi mashed potato dijamin lebih sehat dibandingkan dengan olahan kentang goreng, karena tidak mengandung lemak jahat dan kolesterol tinggi akibat proses penggorengan dengan minyak goreng dalam pembuatannya. Sehingga mashed potato sangat aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang baik usia anak-anak hingga orang tua (lansia). Baca Juga: Mudah dan Praktis, Ikuti Cara Menyimpan Kentang Agar Tahan Lama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *