Makanan Superfood
Sumber: Pixabay.com

Istilah “ makanan Superfood” kian sering terdengar seiring banyaknya orang memulai gaya hidup sehat. Menjadi sehat bukan cuma harus olahraga, tapi asupan untuk tubuh juga perlu diperhatikan. Salah satu pilihan asupan yang banyak manfaat yakni sayur/buah yang tergolong superfood. Hal yang membedakan superfood dengan sayuran/buah lainnya adalah kandungan yang dimiliki sangat tinggi dan sedikit kalori.

Dari mana sih asal mula istilah makanan superfood?

Berdasarkan Merriam-webster dictionary, sebutan superfood memiliki arti makanan yang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga bagi orang mengkonsumsi jenis makanan ini diharapkan akan membuat tubuh lebih sehat dari resiko penyakit. Istilah “superfood” sendiri bermula di awal abad 20 sebagai strategi memasarkan buah pisang supaya diibeli banyak orang. Seiring berjalannya waktu istilah yang awalnya digunakan untuk marketing kemudian digunakan untuk dunia gizi dan nutrisi.

Superfood dengan kekuatan yang dimiliki seperti kandungan mineral, vitamin, dan antioksidan yang tinggi. Kondisi pandemi covid-19 yang membuat semua orang extra menjaga diri agar sehat sangat membutuhan ketiga kandungan tersebut. Sehingga tubuh bisa terhindar dari resiko penyakit ringan maupun penyakit berat. Mengkonsumsi superfood bukan cuma mengenyangkan tapi juga bisa sebagai obat.

Baca juga makanan penurun kolesterol disini.

Apalagi tren gaya hidup sehat bagi orang perkotaan tentunya sangat penting untuk diperhatikan. Kesibukan orang kota justru lebih memiliki potensi besar terkena gangguan kesehatan, maka dari itu kehadiran superfood sangat membantu menjaga kesehatan. Salah satunya makanan bernama biji Chia yang memiliki kandungan kalsium, fosfor magnesium, dan protein yang tinggi.

Tidak sulit untuk menemukan makanan dengan sebutan ini di dekat rumah. Alih-alih mengganti menu makanan harian dengan superfood, sebenarnya sejak kecil juga sudah dikonsumsi. Beberapa sayuran yang tinggi nutrisi yakni sayuran berdaun hijau yang mengandung senyawa melindungi dari resiko kanker. Selanjutnya ada kacang dan biji-bijian yang terkenal kaya serat, sumber protein vegetarian, dan dapat menyehatkan jantung, contohnya kacang almond dan biji bunga matahari. Terakhir yakni berasal dari Indonesia yakni tempe, proses olahan kedelai ini dapat menurunkan kolesterol hingga resiko anemia.

Adanya sebutan “superfood” bukan berarti membeda-bedakan sayur dan buah. Semua yang dikonsumsi memiliki keunggulan kandungan nutrisi untuk tubuh dalam menjaga kesehatan. Perlu diingat juga program makanan gizi seimbang dari beberapa lauk pauk untuk mencapai kebutuhan tubuh. Menurut dr. Diana Suganda, Sp.GK semua makanan itu baik kalau diatur dalam berdasarkan kebutuhan tubuh. Setidaknya dalam satu piring terdapat sumber protein, sumber gandum, buah, dan sayur untuk mencapai gizi seimbang.

Sumber:

  1. Harvard
  2. Cantika

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *