5 Jenis Sayuran Penurun Kolesterol Foto:pixabay.com
5 Jenis Sayuran Penurun Kolesterol Foto:pixabay.com

Wajib Tahu 5 Jenis Sayuran Penurun Kolesterol Yang Wajib Dicoba. Mengonsumsi rutin sayur-sayuran merupakan hal yang penting dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan terhindar dari beberapa penyakit. Salah satu nya adalah Kolesterol. Penyakit kolesterol dapat diatasi dengan mengonsumsi sayuran yang memiliki kandungan serat tinggi. Hal ini sesuai dengan penelitian menurut American Heart Association (AHA), yang menyatakan bahwa makanan yang tinggi akan serat bisa mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam darah, salah satunya golongan sayur-sayuran. Yuk kita simak sayuran yang ampuh dan efektif untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh, berikut:

Sayuran Penurun Kolesterol

  1. Bayam

Mengonsumsi sayur bayam dipercaya dapat membantu dalam menurunkan kolesterol jahat didalam tubuh, karena kandungan serat yang tinggi. Bayam umum dikonsumsi untuk sayuran atau sebagai lalapan. Baca Juga: Mari Ketahui Manfaat Petai Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Terong

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada uji onjek hewan, menunjukan bahwa dalam satu cangkir terong seberat 94 gram mengandung serat sebanyak 2, 4 gram. Sehingga terong dianggap mampu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida.

  1. Kentang

Selain tinggi akan kandungan karbohidratnya, ternyata kentang memiliki serat jenis serat larut yang baik untuk tubuh, khususnya untuk menurunkan tingkat kolesterol. Hal ini dikarenakan dalam satu kentang berukuran sedang atau standar, mengandung 5 gram serat larut terutama paling tinggi pada kulitnya. Sehingga disarankan untuk mengonsumsi kentang bersama dengan kulitnya.

  1. Kacang Panjang

Kacang Panjang merupakan sayur yang masuk dalam rekomendasi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Karena didalam 150 Gram kacang panjang, mengandung 2,6 Gram serat, selain itu juga kacang panjang memiliki kandungan lemak dan kalori yang rendah, sehingga sangat efektif untuk membantu menurunkan kolesterol.

  1. Okra

Mungkin disebagian orang, belum awam terhadap sayur okra. Okra merupakan sayur golongan polong-polongan berbentuk lonjong, yang biasa diolah sebagai masakan tumis. Ternyata banyak yang tidak mengetahui dengan mengonsumsi okra, berpotensi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh. Karena dalam setiap 100 gram porsi okra, terkandung 3, 2 gram serat, lebih tinggi dibandingakan dengan terong maupun kacang panjang. Sehingga jika dibandingkan akan lebih efektif mengonsumsi okra, untuk mempercepat penurunan kolesterol pada tubuh.

Baca Juga: Anda Pecinta Susu? Jangan Lewatkan Resep Susu Jagung Manis dan Susu Kedelai Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *