Resep Donat Kentang Foto:Unsplash.com
Resep Donat Kentang Foto:Unsplash.com

Donat merupakan cemilan atau makanan berbahan dasar tepung terigu dengan bentuk umumnya bulat pipih dan lubang ditengahnya. Donat identik dengan rasa yang gurih, manis dan renyah yang membuat semua kalangan sangat menyukainya. Beragam varian donat muncul dan beredar dipasaran, salah satunya donat kentang. Yuk intip resep cara membuat donat kentang empuk dan renyah berikut ini:

Resep Donat Kentang Empuk Dan Renyah

Bahan-Bahan

Bahan Adonan:

  • 250 Gram Tepung Terigu Protein Tinggi
  • 150 Gram Tepung Terigu Serba Guna Atau Tepung Terigu Protein Sedang
  • 5 Sdm Gula Pasir
  • 150 Gram Kentang Kukus Halus
  • 2 Sdm Susu Bubuk
  • 2 Butir Telur
  • 5 Sdm Mentega
  • ½ Sdt Garam Halus

Bahan Biang:

  • ½ Sdt Ragi Instant
  • 1 ½ Sdt Gula Pasir
  • 100 Ml Air Hangat

Langkah-Langkah

  1. Untuk membuat adonan donat, masukan tepung terigu protein tinggi, tepung terigu serba guna, gula pasir dan telur lalu aduk. Setelah itu tambahkan kentang kukus halus, susu bubuk, telur dan mentega, aduk hingga adonan tercampur rata.Baca Juga:5 Ide Bisnis Olahan Kentang yang Unik dan Menarik
  2. Siapkan biang, dengan mencampur ragi instan dan gula pasir dengan air hangat, lalu aduk-aduk sampai benar-benar larut, diamkan selama 10 menit untuk memastikan bakteri pada ragi aktif dan siap untuk digunakan (ditandai dengan timbul gelembung-gelembung).
  3. Selanjutnya, masukan biang kedalam adonan donat dan uleni sampai kalis (dapat menggunakan tangan/manual atau menggunakan bantuan mixer).
  4. Setelah adonan kalis dan elastis, diamkan selama 45 menit dengan ditutup plastik atau kain bersih untuk menunggu adonan mengembang.
  5. Setelah adonan donat mengembang, kempeskan untuk mengeluarkan angin didalam adonan, lalu uleni kembali dan bagi menjadi 10-12 buah.
  6. Pindahkan adonan donat yang sudah dibagi tadi dan bulatkan dengan tangan lalu diamkan kembali selama 15 menit hingga adonan mengembang.
  7. Setelah 15 menit, cetak adonan yang sudah dibagi tadi dengan cetakan donat atau manual menggunakan tangan.
  8. Goreng donat diapi kecil dan cukup lakukan pembalikan 1 kali pada sisi donat untuk menghindari donat terlalu berminyak dan mempertahankan kerenyahan pada donat.
  9. Jika sudah berwarna golden brown atau coklat keemasan angkat donat dan beri tambahan topping sesuai dengan selera.
  10. Donat Kentang sudah dapat disajikan dan dinikmati.

Menyajikan Donat Kentang

Donat kentang dapat ditambahkan topping berupa coklat, parutan keju, bubuk gula, choco chip dan lainya sesuai dengan selera. Donat kentang juga cocok disajikan untuk menjadi cemilan bersantai bersama keluarga atau orang tersayang dengan tambahan kopi atau teh. Selain itu donat kentang juga lebih mengenyangkan, karena tambahan kentang halus yang memiliki karbohidrat yang cukup tinggi. Baca Juga: Anda Pecinta Susu? Jangan Lewatkan Resep Susu Jagung Manis dan Susu Kedelai Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *