Beberapa tahun terakhir ini, kopi menjadi minuman yang tren di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan menjamurnya kedai kopi di seluruh nusantara. Diantara sekian banyak jenis kopi yang yang dihasilkan oleh petani kita, ada beberapa kopi asli Indonesia yang mendunia lho. 

Kopi asal Indonesia yang mendunia
Ilustrasi kopi by unsplash.com

Indonesia saat ini tercatat sebagai negara penghasil komoditas kopi terbesar setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia. Per November 2020, produksi kopi Indonesia mencapai sekitar 11,185 juta ton. 

Meningkatnya tren konsumsi kopi di seluruh dunia, membuat negara-negara produsen kopi menjadi diuntungkan. Permintaan akan kopi tidak hanya berasal dari dalam negeri saja, melainkan juga dari luar. Saat ini, kopi jenis Arabika dan Robusta menjadi penguasa pasar. 

Sebagai negara Kepulauan, kopi yang dihasilkan oleh petani kopi lokal pun beragam jenisnya dari Sabang sampai Merauke. Beberapa diantaranya bahkan menjadi primadona di luar negeri. Apa saja ya? 

5 Kopi Asli Indonesia yang Mendunia

  1. Kopi Luwak

Kopi yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi mayoritas masyarakat Indonesia. Proses produksi yang melibatkan hewan luwak ini menjadikannya salah satu jenis kopi yang mahal karena berbeda dibandingkan kopi lainnya. 

Kopi luwak tidak memiliki rasa getir dan ada sedikit rasa fruity yang menyegarkan. Aftertaste dari kopi ini pun tidak meninggalkan getir.

  1.  Kopi Toraja

Kopi Arabika yang berasal dari Sulawesi Selatan ini berbeda dengan kopi asal Sulawesi lainnya. Kopi Toraja memiliki rasa earthy dengan tingkat keasaman rendah yang justru membuatnya banyak diburu oleh pecinta kopi dari benua Eropa. 

Saat diminum, kopi Toraja tidak menyisakan rasa pahit di lidah. Sensasi pahit hanya muncul ketika di awal dan akan ikut terbawa ketika sudah ditelan. 

  1. Kopi Kintamani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *