Sudah menjadi rahasia umum bahwa sayur dan buah yang ada di sekitar kita masih mengandung pestisida meskipun telah dipasarkan. Untuk menghilangkan residu pestisida pada sayuran tidak cukup dengan mencucinya saja. Perlu beberapa trik agar sayuran benar-benar terbebas dari pestisida. 

Pestisida pada dasarnya memang berperan untuk membasmi hama yang kerap menyerang tanaman. Akan tetapi, pestisida juga bisa mendatangkan penyakit bagi manusia ketika dikonsumsi. 

Lambat laun, pestisida yang tidak sengaja masuk ke dalam tubuh seseorang akan mengakibatkan kerusakan sel dan mengganggu fungsi organ tubuh. Maka dari itu, penting untuk melakukan upaya pencegahan salah satunya dengan cara menghilangkan residu pestisida sebelum dikonsumsi.

Cara Menghilangkan Residu Pestisida

Menghilangkan residu pestisida pada sayuran memang membutuhkan effort yang lebih. Berikut beberapa cara yang bisa membuat sayuran bebas dari residu pestisida.

  1. Cuci Menggunakan Air Mengalir

Cara yang pertama adalah yang paling umum dan mudah untuk dilakukan yakni dengan mencuci sayuran di bawah air mengalir. Cara ini diyakini lebih ampuh dibandingkan mencuci sayur dengan cara merendam atau mencelupkan ke dalam air saja. 

Menghilangkan residu pestisida
Mencuci kentang di bawah air mengalir

Mencuci sayur di bawah air yang mengalir dapat mengurangi residu yang menempel pada sayuran hingga 70%, tergantung dari jenis pestisida yang digunakan.

  1. Manfaatkan Cuka Apel
Menghilangkan residu pestisida
Cuka apel membantu membunuh bakteri

Cuka apel dipercaya dapat menghilangkan residu pestisida yang menempel pada sayuran tanpa mengurangi kandungan nutrisi di dalamnya. 

Caranya cukup mudah, cukup tambahkan cuka apel ke dalam air yang digunakan untuk merendam atau mencuci sayuran. Setiap 1 sendok cuka apel dilarutkan dengan 2 liter air. Jangan lupa untuk membilas sayuran setelahnya. 

  1. Rendam dengan Air Garam

Air garam dapat membantu menyingkirkan kotoran serta bahan kimia yang menempel pada sayuran. Hal ini karena garam terbukti ampuh untuk membunuh bakteri. 

Selain membantu membersihkan sayur dari residu pestisida, air garam juga akan membantu mengeluarkan ulat yang tersembunyi di sela-sela sayuran. 

Caranya hanya dengan melarutkan 1 sdm garam dengan secukupnya air, kemudian sayuran direndam sekitar 10 – 15 menit agar hasilnya bisa maksimal. Terakhir, bilas sayuran agar tidak meninggalkan rasa asin ketika dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *