Salad Coleswal Foto:pixabay.com
Salad Coleswal Foto:pixabay.com

Salad berasal dari kata “herba salata” yang artinya sayuran yang digarami atau diberi garam, merupakan makanan yang identik dengan campuran berbagai macam sayuran dengan dressing (sauce) dan biasa digunakan sebagai makanan utama untuk seseorang yang menjalani program diet. Karena didalam salad terkandung banyak vitamin dan protein yang berasal dari campuran sayur maupun buah-buahan.

Baca Juga: Cara Membuat Kue Dari Kulit Pisang Tanpa Oven

Salad sangatlah beragam jenisnya, berdasarkan jenisnya salad dibagi menjadi 3 yakni simple salad, compound salad dan american salad. Yang membedakan dari ketiga jenis salad tersebut hanya pada jumlah komponen bahan yang digunakan. Salad jenis simple salad, seperti namanya bahwa merupakan salad dengan komposisi bahan yang digunakan didalamnya hanya 1 atau 2 jenis saja. Sedangkan untuk compound salad dan american salad adalah jenis salad yang menggunakan beberapa bahan didalamnya bisa lebih dari 3 jenis bahan.

Eits, tapi jangan kuatir buat kamu yang ingin membuat salad sendiri, tanpa ribet memerlukan bahan atau sayuran yang banyak, bisa kok! Namanya salad coleslaw.

Salad Coleslaw atau biasa disebut salad kol merupakan jenis salad yang bahan utamanya hanya sayur kol dengan wortel saja. Tapi tenang, meskipun hanya dua jenis sayuran saja, manfaat sama rasanya enggak kalah jauh kok sama jenis salad yang lain. Yuk mari dicoba resep salad coleslaw ala Dewisri ini.

Resep Salad Coleslaw

Bahan-Bahan

  • 5 Sdm Mayones
  • 1 Sdt Garam
  • 10 Sdm Cuka
  • 2 Sdm Gula Pasir
  • ½ Sdt Merica
  • Keju (Optional)
  • Wortel
  • Kol

Langkah-Langkah

  1. Mencuci bersih wortel dan kol dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran yang menempel dan tiriskan.
  2. Potong halus atau parut (lebih mudah) wortel dan kol dengan ukuran sesuai selera.
  3. Siapkan wada yang cukup besar, masukan irisan/potongan atau parutan wortel dan kol serta tambahkan mayones, garam, gula pasir, cuka, dan merica.
  4. Lalu aduk hingga tercampur rata, jangan lupa untuk mencicipi agar rasa yang diinginkan sesuai dengan selera.
  5. Tambahkan parutan keju untuk menambah cita rasa dari salad (optional)
  6. Salad Coleslaw sudah siap untuk dihidangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *