Permasalahan lahan yang semakin terbatas khususnya di perkotaan saat ini sudah banyak alternatifnya. Bagi para pembudidaya tanaman buah di kota, tabulampot menjadi solusinya. Sebelum memutuskan untuk memulai budidaya ini, ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan tabulampot. 

Kelebihan dan kekurangan tabulampot
Tanaman buah dalam pot

Tabulampot atau tanaman buat dalam pot merupakan suatu inovasi budidaya tanaman buah untuk lahan sempit dan terbatas yang lebih mengoptimalkan penggunaan pot dalam pelaksanaannya.

Tanaman buah dalam pot ini sejatinya sudah lama dikembangkan dan sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat terutama di wilayah perkotaan. Tujuannya bisa bermacam-macam, bisa dijadikan sebagai dekorasi pekarangan yang menyejukkan bahkan tidak jarang juga menjadikannya sebagai peluang usaha. 

Faktor-faktor yang Mempengaruhi

Kegagalan saat melakukan budidaya tabulampot kerap ditemukan. Tabulampot yang ditanam tidak seperti yang diharapkan, misalnya tidak berbuah atau bahkan mati.

Pada dasarnya hampir semua jenis tanaman buah bisa tumbuh meskipun dalam pot sekalipun. Akan tetapi, tidak semua tabulampot bisa menghasilkan buah meskipun bisa tumbuh subur. Hal ini dikarenakan jenis-jenis tanaman tertentu belum bisa berbuah dalam lingkungan tabulampot.

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan dari budidaya tabulampot, yaitu:

  1. Bibit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *