Kurangi Tingkat Kolesterol Hanya Dengan Konsumsi Buah Nanas Foto:pixabay.com
Kurangi Tingkat Kolesterol Hanya Dengan Konsumsi Buah Nanas Foto:pixabay.com

Buah nanas atau dikenal dengan nama ilmiah Ananas comosus merupakan salah satu buah yang banyak digemari dan mudah ditemukan oleh banyak kalangan. Buah yang identik dengan warna daging buah kuning cerah, rasanya yang manis serta kandungan air yang banyak ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, Salah satunya untuk menurunkan kadar atau tingkat kolesterol dalam tubuh.

Manfaat Buah Nanas Untuk Kolesterol

Menurut penelitian observasi dari Universitas Mulawarman dinyatakan bahwa mengonsumsi buah nanas terbukti dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol yang ada didalam tubuh. Hal ini dikarenakan didalam buah nanas terkandung vitamin C tinggi yang berperan dalam metabolisme kolesterol yang dibuang dalam bentuk asam empedu yang diekresikan melalui usus halus, meningkatkan kadar HDL yang membawa kolesterol jahat LDL, dapat berfungsi    sebagai pencahar sehingga meningkatkan defekasi.

Selain vitamin C yang tinggi, didalam buah nanas terkandung senyawa atau enzim bromelin yang ampuh untuk membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dengan cara memecah lemak diusus sehingga membantu membersihkan usus dan saluran pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dalam buah nanas juga tidak bisa dianggap sepele, karena serat pada nanas berfungsi untuk membantu penurunan kolesterol dengan cara mempersingkat waktu transit bahan makanan melalui saluran pencernaan, meningkatkan produksi empedu dan mengeliminasi kedalam usus untuk disekresikan sebagai feses. Hal inilah yang menurunkan reabsorpsi kolesterol dan dikonversi menjadi asam empedu.

Anjuran Konsumsi Buah Nanas

Penggunaan buah nanas untuk mengurangi tingkat kolesterol didalam tubuh cukuplah mudah hanya dengan memakan secara langsung buah nanas yang sudah masak/matang atau membuat buah nanas menjadi jus lalu diminum secara rutin satu hari sekali untuk mendapatkan efek yang optimal.

Namun dianjurkan untuk tidak mengandalkan buah nanas saja sebagai obat alami pereda atau penurun kadar kolesterol dalam tubuh. Karena perlu rekomendasi yang lebih lagi dari para dokter maupun ahli terkait pemanfaatan buah nanas sebagai penurun kolesterol. Selain itu juga diperlukan keseimbangan pola atau gaya hidup sehat untuk memaksimalkan manfaat mengonsumsi buah nanas. Hal ini disebabakan tingkatan kolesterol yang berbeda dimasing-masing individu juga memiliki pengaruh terhadap tingkat efektivitas kinerja buah nanas terhadap tubuh. Baca Juga:Inilah 5 Jenis Aglonema dan Harganya 2021 yang Diprediksi Menjadi Tren Kembali

Keseringan dalam mengonsumsi buah nanas juga tidak dianjurkan karena memberikan resiko dan efek samping yang cukup tinggi bagi tubuh. Kelebihan mengonsumsi buah nanas dapat menyebabkan permasalahan penyakit baru seperti mual, maag, diare, infeksi lambung dan alergi. Selain itu juga untuk ibu hamil tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi buah nanas karena dapat menyebabkan resiko keguguran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *