vitamin
sumber foto: pixabay.com

Kebutuhan vitamin untuk tubuh teramat dibutuhkan setiap harinya supaya terhindar dari penyakit. Beragam kondisi yang tidak bisa diprediksi bisa menjadi celah penyakit menghinggap di tubuh. Apalagi ketika adanya pandemic covid-19 yang rentan menyerang tubuh. Sisi baiknya, banyak orang kini menjadi lebih perhatian terhadap kesehatan diri.

Saat ini kebiasan menjaga diri dari penyakit yang biasa dilakukan adalah menggunakan masker dan asupan sehat. Asupan Vitamin C menjadi salah satu kebutuhan karena dapat menjaga tubuh tetap sehat. Supaya terhindar dari penyakit sebaiknya kenali juga vitamin-vitamin yang dibutuhkan tubuh.

  1. Vitamin D

Vitamin ini biasa disarankan dikonsumsi supaya tulang kuat. Selain berguna untuk tulang, manfaat vitamin D dapat mengurangi kemungkinan infeksi virus corona sebanyak 54% berdasarkan penelitian di Boston tahun 2020. Perlu diketahui juga jika vitamin D terdiri dari dua jenis, yakni vitamin D2 dan vitamin D3. Pembeda dari vitamin ini bisa dengan mudah diketahui dari sumbernya.

Sumber vitamin D2 bisa didapatkan dari makanan seperti minyak ikan, kuning telur, dan susu. Sedangkan sumber vitamin D3 didapatkan dari sinar matahari. Malahan vitamin D3 memiliki sebutan “Vitamin Matahari” sebab 80% vitamin D3 berasal dari sinar matahari. Maka dari itu banyak tenaga kesehatan menyarankan berjemur dibawah sinar matahari supaya mendapatkan vitamin D3.

Kekurangan Vitamin D bisa menjadi sumber gangguan tubuh seperti osteomalacia. Osteomalacia adalah kondisi di mana tulang tidak dapat mengeras, sehingga rentan untuk bengkok atau bahkan patah. Sedangkan pada si kecil, resiko kelainan tulang dan tubuh anak lebih pendek bisa terjadi jika kekurangan vitamin D.

  1. Vitamin E

Kandungan vitamin E biasa didapati pada krim pencerah kulit, sehingga banyak orang mengetahui manfaatnya hanya untuk kulit. Padahal, manfaat vitamin pencerah ini masih banyak untuk menjaga kesehatan tubuh. Sumber vitamin E bisa didapatkan dari mengkonsumsi brokoli, bayam, kacang alomond, kedelai, dan buah kiwi. Tidak sulit bukan mendapatkan vitamin E karena bisa didapati dari sayur sampai biji-bijian.

Manfaat Vitamin E lain yang perlu diketahui yakni untuk memelihara kesehatan kulit, kesuburan organ reproduksi, mata, sel darah, dan otak. Tentunya manfaat tersebut sangat dibutuhkan tubuh guna menangkal sumber penyakit ketika pandemic ini. Konsumsi harian vitamin E sebaiknya dibawah 1000mg perhari untuk menghindari efek samping. Konsumsi Vitamin E berlebih dapat menimbulkan efek samping seperti pusih, diare, pandangan kabur, dan lainnya.

  1. Vitamin A

Jenis vitamin ini bisa berfungsi sebagai penangkal infeksi. Salah satu manfaat yang banyak diketahui yakni untuk memperkuat penglihatan mata yang didapat dari sayur wortel. Selain wortel, vitamin A juga tersedia dari sayur kentang, bayam, dan brokoli. Vitamin A ini tersedia pada makanan hewani, misalnya seperti ikan, daging, produk susu, dan tuna.

Vitamin A yang dikenali sebagai retinol memiliki beberapa fungsi penting jika dikonsumsi sesuai aturan. Bagi orang berusia 19 – 64 tahun, kebutuhan vitamin A yakni 700mg perhari untuk pria dan 600mg perhari untuk Wanita. Bagi yang sedang menjalankan diet, tentunya vitamin A dibutuhkan tubuh supaya tidak jatuh sakit.

  1. Vitamin B Kompleks

Vitamin B terdiri dari banyak jenis sehingga disebut juga vitamin B kompleks. Banyaknya jenis vitamin ini memiliki banyak manfaat tersendiri untuk kebutuhan tubuh. Vitamin yang terdiri 8 jenis yakni B1, B2, B3, B6, B7, B12, Folate, dan Pantothenic menjadi kebutuhan tubuh yang harus dipenuhi. Manfaat vitamin B kompleks diantaranya menjaga system syaraf, kesehatan kulit dan mata, kesehatan ibu dan janin.

Sumber vitamin kaya manfaat bisa didapat dari telur, daging, ikan, susu, kacang, pisang, dan jeruk. Tidak sulit untuk mendapatkan vitamin B karena sumbernya mudah didapatkan. Rerata kebutuhan vitamin B kompleks bagi berusia 19-64 yakni 1mg – 1,5 mg perhari. Konsumsi vitamin B sebaiknya atas rekomendasi dokter tidak menimbulkan efek samping.

  1. Vitamin K

Vitamin terakhir yang perlu dikenali yakni vitamin K. Pembeda vitamin K dibanding vitamin lainnya ialah manfaatnya bagi tubuh yang lebih spesifik seperti menjaga kesehatan tulang. Bagi seseorang yang memiliki masalah sendi maupun osteoporosis tentunya sangat disarankan mengkonsomi vitamin K. Sumber vitamin K bisa didapati dari sayur brokoli, bayam,, minyak sayur, dan sereal gandum.

Kebutuhan vitamin K juga bergantung pada berat tubuh. Bagi orang dewasa kebutuhan vitamin K yakni 1mg per berat tubuh. Misalnya bagi seorang yang memiliki berat 70kg akan membutuhkan 75mg vitamin K perhari. Sebaiknya konsumsi vitamin K berasal dari makanan dibanding suplemen. Jika mengkonsumsi vitamin K hanya dari suplemen memungkinkan timbulnya efek samping bagi tubu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *