Bagi orang Indonesia, cabai adalah bahan yang wajib ada di dapur karena tak lengkap rasanya kalau makan tanpa ada sensasi pedasnya. Masalahnya, cabai akan mudah busuk apabila disimpan terlalu lama. Tapi tenang saja, ada cara menyimpan cabai yang bikin awet dan bahkan tahan hingga 3 bulan lamanya. 

Banyak orang yang menganggap apabila cabai disimpan dalam kulkas akan membuatnya lebih awet. Namun kenyataannya, cabai tetap dapat tidak bertahan lama meskipun di kulkas. Cabai akan membusuk atau bahkan berubah menjadi kering dalam hitungan hari. 

Baca Juga: Cara Menyimpan Sayuran Agar Tetap Segar Meskipun Tanpa Kulkas

Cara Menyimpan Cabai Agar Awet

Menyimpan cabai
Ilustrasi cabai by unsplash.com

Cabai yang mudah busuk padahal baru beberapa hari disimpan memang menyebalkan. Apabila jika dalam keadaan PPKM seperti saat ini, jadi harus bolak-balik ke pasar untuk membeli lagi. Penyimpanan cabai yang benar harus diterapkan kalau sudah begini. 

Menyimpan cabai agar awet tidaklah susah. Kamu hanya membutuhkan wadah khusus untuk food prep yakni food container. Sekarang ini food container banyak beredar di pasaran dari yang harganya murah hingga mahal pun ada.

Berikut langkah-langkah untuk menyimpan cabai agar tahan lama.

1. Cabut Tangkainya

Tangkai cabai ternyata dapat mempercepat terjadinya proses pembusukan pada cabai. Sesaat setelah beli, segera cabut tangkainya agar cabai bisa tahan lama saat disimpan.

2. Jangan Dicuci

Setelah tangkai dicabut, cabai tidak perlu dicuci. Cukup lap permukaan cabai dengan tisu hingga bersih. Kamu bisa mencucinya ketika akan digunakan nanti.

3. Simpan di Wadah Tertutup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *