Manfaat Jagung Manis Untuk Ibu Hamil Foto:pixabay.com
Manfaat Jagung Manis Untuk Ibu Hamil Foto:pixabay.com

Jagung manis merupakan salah satu jenis jagung yang memiliki rasa lebih manis dibandingkan jenis jagung biasa pada umumnya. Jagung manis banyak dimanfaatkan masyarakat untuk bahan baku maupun campuran olahan makanan. Hal ini dikarenakan harganya yang relatif terjangkau dan memiliki banyak manfaat, salah satunya bagi kesehatan ibu hamil.

Manfaat Jagung Manis Untuk Ibu Hamil

  1. Mencegah Penyakit Anemia dan Cacat Pada Bayi Ketika Lahir

Sama halnya dengan jagung jenis lainnya, jagung manis mengandung vitamin B9 (volat) dan zat besi yang berperan dalam pembentukan sel darah merah serta materi genetik seperti DNA. Sehingga bagi ibu hamil yang mengonsumsi jagung manis dapat mendukung perkembangan janin baik dari saraf maupun fisik untuk mencegah adanya kecacatan pada bayi ketika lahir. Selain itu juga membantu mengurangi dan mencegah penyakit anemia pada bayi maupun sang ibu nantinya.

  1. Menjaga dan Menstabilkan Pertumbuhan serta Perkembangan Janin

Kandungan protein yang cukup tinggi pada jagung manis, berfungsi untuk penyusunan sel-sel dan jaringan pada janin, selain itu juga mencegah adanya berat badan bayi yang rendah ketika sudah lahir. Serta memberikan manfaat bagi sang ibu karena berguna untuk memperkuat struktur tulang, membantu memperlancar aliran darah dan membantu untuk mengatur keseimbangan konsentrasi asam dan basa baik dalam darah maupun pada cairan tubuh lainnya, yang akan berdampak pada pertumbuhan janin juga.

  1. Mengurangi Morning Sickness

Morning sickness adalah kondisi dimana mengalami mual atau muntah yang terjadi saat hamil. Salah satu cara untuk mengurangi mual atau muntah tersebut dapat diatasi dengan mengonsumsi jagung manis. Didalam jagung manis terkandung vitamin B Kompleks yang tinggi dan senyawa asam folat yang bermanfaat untuk sang ibu ketika hamil karena dapat menjaga imunitas atau kekebalan tubuh. Baca JugaCara Mudah Merawat Aglaonema Yang Estetik

Anjuran Konsumsi Jagung Manis Untuk Ibu Hamil

Jagung manis dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dengan takaran 2-3 per buah saja setiap harinya. Metode yang disarankan adalah dengan merebus jagung manis lalu langsung dikonsumsi atau dibuat menjadi susu maupun bubur jagung manis. Namun tidak disarankan untuk mengonsumsi jagung manis dengan campuran zat-zat makanan lainnya seperti penyedap rasa yang berlebihan, untuk tetap menjaga kesehatan pada janin. Akan tetapi perlu diperhatikan juga, kesesuaian atau kecocokan tubuh terhadap jagung manis, karena terdapat beberapa orang yang memiliki alergi pada jagung manis yang berakibat memunculkan penyakit lain didalam tubuh seperti diare.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *