Barang Bawaan Ramah Lingkungan
sumber foto: pixabay.com

Menjaga lingkungan semestinya tidak sulit, apalagi jaman sekarang terdapat banyak barang bawaan ramah lingkungan. Sejumlah tren tersebut seharusnya bisa memudahkan untuk menjadi peduli lingkungan. Konsumsi plastik dari kebiasaan membeli es kopi saja bisa menambah sampah plastic yang ada. Untungnya kekhawatiran merusak lingkungan dibarengi tumbuhnya rasa menjaga lingkungan juga.

Kesadaran dalam menjaga lingkungan bisa dilihat dari banyaknya sosok yang menginspirasi. Salah satu sosoknya berusia 18 tahun bernama Greta Thunberg yang membuat gebrakan bolos sekolah supaya menjaga lingkungan dari penggunaan listrik dan olahan sumber daya alam. Dalam perjuangannya sejak 2018, Greta sudah berhasil mengubah kebijakan negara dalam menjaga lingkungan dan semakin banyak yang peduli pada lingkungan.

Greta menjadi salah satu sosok yang menginspirasi untuk menjaga lingkungan. Untuk menjaga lingkungan setidaknya ada beberapa penggunaan yang diubah.

Berikut ini barang bawaan ramah lingkungan yang berdampak dalam menjaga lingkungan.

  1. Membawa Tempat Makan dan Alat Makan

Beberapa waktu lalu sempat tren “bekal untuk suami” yakni perhatian istri yang menyiapkan bekal makanan yang ditata rapi untuk suaminya. Cara penataan bekal yang unik setiap harinya menjadi inspirasi supaya membawa bekal dari rumah. Dengan membawa bekal dari rumah, bisa mengurangi sampah saat makan siang di kantin atau rumah makan.

Jika dilihat, sampah yang dihasilkan saat makan siang di kantin atau pesan dari ojek online bisa menghasilkan sampah kemasan makanan. Maka dari itu membawa tempat makan setidaknya bisa mengurangi sampah yang dihasilkan dari rumah makan. Kelebihan lainnya yakni tempat makan tersebut bisa digunakan menjadi wadah sewaktu beli makan atau cemilan.

  1. Membawa Tempat Minum dan Sedotan Stainless

Kebiasaan ini manfaatnya serupa dengan tips sebelumnya. Penggunaan tumbler belakangan juga semakin banyak terlihat di kampus, mall, kantor, maupun di video youtube. Terlebih tumbler sempat menjadi media pemasaran karena biasa dibawa kemana-mana dan mudah terlihat banyak orang. Dengan tampilan tumber yang kece, sampah yang dihasilkan dari penggunaan tumbler juga hampir tidak ada.

Penggunaan tumbler juga bisa digunakan berulang kali dengan higienis yang terjaga. Apalagi ditambah munculnya tren sedotan stainless steel guna mengurangi sampah sedotan plastik. Kombinasi menggunakan tumbler dan stainless steel merupakan kebiasaan baru yang bisa dilakukan dengan mudah untuk menjaga lingkungan.

  1. Menggunakan Masker Kain

Selama pandemi berlangsung, kebiasaan semua orang ialah menggunakan masker medis. Tanpa disadari seiring banyaknya penggunaan masker medis semakin bertambah juga sampah masker medis. Menurut penelitian Frontiers of Environmental Science and Engineering, penggunaan rata-rata masker sekali pakai sampai 2,8 juta masker per menit.

Apalagi sampai sekarang belum ada penanggulangan khusus sampah masker medis. Maka dari itu mengganti kebiasaan menggunakan masker kain bisa mempermudah menjaga lingkungan. Daya guna masker yang bisa digunakan berulang kali bisa menghemat penggunaan masker medis yang sekali pakai.

  1. Konsumsi Sayuran

Pengaruh konsumsi makanan juga berpengaruh pada lingkungan terutama pada proses pengurai. Konsumsi sayuran bisa membantu menjaga lingkungan sebab sisa-sisa sayuran yang dibuang bisa menjaga ekosistem tanah. Sayuran seperti Selada bukan cuma kaya manfaat, tapi juga mudah diurai lingkungan.

Dibanding konsumsi makanan olahan kaleng, tentunya gizi dan nutrisi tidak sebanyak sayuran secara langsung. Jenis kentang terbaik di Indonesia yakni Kentang Dieng yang rendah gula dan karbohidrat. Selain itu, ukuran yang besar jadi keunggulan kentang Dieng sehingga mudah diolah.

Kesehatan lingkungan merupakan kunci hidup menjadi sehat dan menyenangkan. Manusia sebagai bagian dari lingkungan tentunya punya kewajiban menjaga lingkungannya. Meskipun dalam keseharian tidak bisa dijauhkan juga kebiasaan menghasilkan sampah. Menjaga lingkungan bisa semudah untuk mengurangi penggunaan kebutuhan dan sampah harian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *