Redakan Sakit dan Nyeri Pada Gigi Hanya Dengan Bawang Putih Saja Foto:pixabay.com
Redakan Sakit dan Nyeri Pada Gigi Hanya Dengan Bawang Putih Saja Foto:pixabay.com

Bawang putih. Bawang putih merupakan umbi-umbian yang banyak dijumpai didapur setiap rumah tangga untuk dimanfaatkan sebagai penyedap rasa dan campuran dalam masakan. Namun hanya sedikit orang yang mengetahui bahwa ternyata bawang putih tidak hanya sebagai penyedap masakan saja akan tetapi dapat digunakan sebagai obat herbal alternatif untuk meredakan sakit gigi.

Manfaat Bawang Putih Untuk Meredakan Nyeri Pada Gigi

Dalam satu siung bawang putih terkandung senyawa Allicilin yang menyebabkan bawang putih memiliki bau yang khas. Akan tetapi senyawa Allicilin juga berperan dalam meredakan nyeri pada gigi karena Allicilin memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang dapat membantu membunuh kuman atau bakteri yang ada didalam mulut maupun yang ikut masuk, penyebab sakit gigi.

Cara Penggunaan

Senyawa Allicilin pada bawang putih hanya akan dapat bekerja jika bawang putih dipotong atau dikunyah. Sehingga ketika ingin menggunakannya untuk mengobati nyeri atau sakit pada gigi dapat dilakukan dengan mengupas bawang putih dari kulitnya, lalu cuci bersih kemudian kunyah dengan gigi yang sedang mengalami rasa nyeri. Akan tetapi terdapat cara alternatif untuk mengaplikasikannya yakni dengan menghaluskan bawang putih hingga menjadi pasta yang dicampur dengan garam dan minyak zaitun secukupnya, hingga kemudian dioleskan pada bagian gigi yang merasa nyeri. Dihindari untuk menyelipkan atau memasukan bawang putih ke dalam lubang yang ada pada gigi karena dapat membuat gigi lebih sakit.

Efek Samping Penggunaan

Meskipun terbilang efektif untuk mengurangi rasa nyeri pada gigi, perlu diperhatikan dampak atau kemungkinan efek samping dari penggunaan bawang putih. Efek samping yang timbul dapat berupa bau mulut, bau badan hingga resiko serius seperti maag atau sakit perut. Sehingga sebelum menggunakan bawang putih sebagai pereda nyeri gigi perlu, dipertimbangkan dengan kondisi atau kesesuaian tubuh terhadap efek yang ditimbulkan nantinya. Untuk sebagian orang yang memiliki alergi terhadap bawang putih, sebaiknya tidak menggunakan bawang putih sebagai pereda nyeri karena malah akan memunculkan atau menimbulkan penyakit baru. Baca Juga:Cara Membuat Kue Dari Kulit Pisang Tanpa Oven

Selain itu juga menggunakan bawang putih sebagai obat alami untuk meredakan nyeri atau sakit gigi yang berlebihan juga kurang baik. Dianjurkan sebaiknya ketika rasa nyeri atau sakit pada gigi tidak kunjung sembuh segera berkonsultasi ke dokter gigi untuk mencegah rasa sakit semakin parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *