Membuat Selai Berbahan Kulit Pisang
Foto:pixabay.com

Membuat selai berbahan kulit pisang mungkin belum familiar dari membuatnya apalagi menyicipinya. Padahal, buah pisang bisa dibilang buah yang easy going, sebab buah ini sangatlah praktis untuk dikonsumsi. Kandungan buah pisang juga tidak kalah dibanding buah lain. Penyuka buah pisang juga kebanyakan semua usia menyukainya, sehingga buah manfaat buah pisang bisa dirasakan semua orang. Beberapa menu makanan sehat juga merekomendasikan pisang menjadi salah satu menunya.

Manfaat buah pisang yang banyak orang ketahui yakni dapat menurunkan tekanan darah dari kandungan kalium yang dimiliki. Selain itu kandungan Vitamin C yang tinggi sangat cocok untuk menjaga imun di tengah pandemic ini. Baik dikonsumsi secara langsung atau hasil olahan, manfaat buah pisang masih bisa didapatkan.

Pengolahan buah pisang juga bisa menjadi beragam macam, dari berupa jus, kue, hingga selai. Tidak sulit untuk mengolah pisang menjadi sajian yang enak dan sehat. Salah satu sajian kreatif dari buah pisang yakni selai kulit pisang yang cocok untuk pelengkap roti dan kue.

Resep Membuat Selai Berbahan Kulit Pisang

Bahan Membuat Selai Kulit Pisang

  • 4 Kulit beserta buah pisang.
  • 1 sdm garam.
  • 500 ml air.
  • 2 buah pisang.
  • 150 gram gula.
  • 1 sdm margarin.
  • 1 sdm cocoa powder.

Membuat Selai Pisang

  1. Bersihkan kulit pisang dengan air mengalir kemudian rendam di air matang yang sudah diberi garam.
  2. Rendam selama 2 jam untuk melunakkan kulit pisang.
  3. Kemudian kulit pisang beserta buah pisang dikukus selama 30 menit.
  4. Kulit bersama buah pisang yang sudah dikukus kemudian dilunakan.
  5. Pindahkan adonan selai kulit pisang yang sudah dilunakkan ke panci. Tambahkan cocoa powder, gula, air ke adonan selai.
  6. Sambil selai dipanaskan, pastikan adonan selai kulit pisang diaduk dan teksur selai bisa mendapat sesuai yang diinginkan.
  7. Jika sudah, selai kulit pisang pindahkan ke wadah/jar untuk segera dinikmati

Buah pisang yang dibuat menjadi selai sebaiknya dikonsumsi kurang dari seminggu supaya warna dan rasa tidak berubah. Selai buah pisang sangat cocok untuk menjadi penambah varian rasa kue. Cocok juga dioleskan dengan kukis untuk si kecil yang bosan mengkonsumsi buah pisang.

Membuat selai kulit pisang mudah dilakukan bukan? Varian baru olahan pisan menawarkan rasa baru pada kue. Bukan cuma daging pisang yang bisa dikonsumsi, ternyata kulit pisang juga bisa diolah jadi selai yang enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *