Selada Sebagai Antikaker Alami Tubuh Foto:pexels.com
Foto:pexels.com

Satu hal umum yang mesti dipersiapkan sebelum bertani ialah tanah sebagai media tanam utama yang akan diberi bibit. Unsur hara yang dimiliki tanah memberikan manfaat dalam pertumbuhan pertanian. Apalagi kebutuhan akan tanah semakin tinggi untuk melakukan pertanian maupun perkebunan. Sehingga banyak orang hanya mengetahui kalau media tanam hanya tanah. Salah satu yang umum dikenali yaitu hidroponik yakni cara menanam menggunakan air maupun udara.

Padahal, Media tanam sendiri sebenarnya bukan cuma tanah. Bagi yang ingin memulai pertanian maupun perkebunan, perlu tahu juga media tanam secara umum terdiri dari media tanam organic dan anorganik. Perbedaan kedua media tanam tersebut yakni jika media tanam organic menggunakan komponen organisme, sedangkan media tanam anorganik memiliki unsur mineral tinggi. Lantas apa saja media tanam yang bisa digunakan selain tanah?

  1. Humus

Tanah humus merupakan tanah yang paling subur untuk tumbuhan karena memiliki komposisi yang mirip dengan pupuk kompos. Humus berasal dari tanah yang terbentuk dari pelapukan dedaunan dan batang pohon, serta campuran dari kotoran hewan. Ciri dari tanah humus yakni berwarna cokelat gelap dengan tekstur lembut.

Manfaat humus bagi tanaman memberikan pengaruh pembentukan yang baik serta menjaga struktur tanah. Hingga saat ini tanah humum masih menjadi andalan media tanam untuk pertanian karena bisa meningkatkan kandungan air tanah. Manfaat lain pada lingkungan yakni mencegah penggerusan tanah dan menaikan aerasi tanah

  1. Arang Sekam

Dahulu sekam padi merupakan limbah padi yang tidak dimanfaatkan oleh petani. Tapi seiring majunya teknologi, limbah padi bisa digunakan untuk media tanam yang bernama arang sekam. Penggunaan Arang sekam atau sekam bakar dimanfaatkan sebagai media tanam, baik media tanam murni, media tanam hidroponik, maupun campuran media tanam berbasis tanah.

Manfaat menggunakan media tanam ini dibanding tanah yakni dapat mengatu pH tanah pada kondisi tertentu, memacu pertumbuhan mikro organisme untuk tanaman, dan menjaga kondisi tanah. Penggunaan arang sekam bagi masyarakat di perkotaan biasa digunakan untuk media tanaman hias. Apalagi arang sekam sangat mudah untuk dibersihan dari akar tanaman sehingga banyak orang yang menyukai media tanam ini.

3. Batang Pakis

Media tanam selanjutnya adalah batang pakis yang berbentuk tipis dan berwarna hitam. Asal batang pakis sesuai dari namanya yakni dari tanaman pakis yang sudah tua dan kering. Penggunaan batang pakis dinilai mampu membuat drainase dan pengikat air yang baik.

Namun, rongga yang besar dari media tanam pakis dapat pula menyebabkan media ini menjadi rapuh sehingga perlu dikombinasikan dengan media tanam lainnya seperti gambut atau tanah. Biasanya batang pakis sangat erat penggunannya dengan tanaman dalam pot. Media tanam pakis sering digunakan untuk cocok tanam bunga anggrek.

Beberapa media tanam tadi merupakan alternatif penggunaan tanah untuk bercocok tanam. Manfaat yang dimiliki juga tak kalah dengan penggunaan tanah bergantung jenis tanamannya. Penggunaan media tanam tersebut sangat mudah didapatkan dan bisa digunakan dengan media tanam lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *