Manfaat Pahitnya Pare Bagi Kesehatan Foto:pixabay.com
Manfaat Pahitnya Pare Bagi Kesehatan Foto:pixabay.com

Mari Simak Ini Dia Manfaat Pahitnya Pare Bagi Kesehatan. Pare atau paria merupakan sayuran berbentuk lonjong dengan permukaan yang penuh tonjolan tidak teratur serta berwarna hijau ini, memiliki berbagai macam manfaat baik bagi kesehatan tubuh, meskipun rasanya yang terbilang sangat pahit. Pare biasa dikonsumsi sebagai bahan baku memasak makanan maupun sebagai olahan yang beraneka ragam. Namun siapa yang menyangka dibalik kandungan rasa pahit pada pare, ternyata dapat menyembuhkan beberapa penyakit yang ada didalam tubuh. Berikut manfaat pare bagi kesehatan:

Manfaat Pahitnya Pare Bagi Kesehatan

  1. Membantu Menurunkan Darah Tinggi

Bagi penderita hipertensi, mengonsumsi pare dapat menjadi alternatif untuk meredakan tekanan darah yang tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan potasium pada pare efektif untuk mengurangi dan mencegah adanya efek samping dari garam yang masuk kedalam aliran darah penyebab tekanan darah menjadi naik.

  1. Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah Yang Tinggi

Kadar gula darah yang tinggi maupun berlebihan dapat menyebabkan munculnya penyakit diabetes dan berakibat pada dampak yang lebih serius bagi tubuh. Salah satu hal perlu dilakukan ketika sudah terserang penyakit diabetes adalah dengan mengonsumsi makanan rendah gula, rendah kadar garam dan berserat tinggi seperti pare. Pare memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat membantu untuk menjaga dan menstabilkan kadar gula darah.

  1. Meningkatkan Ketajaman Penglihatan

Kandungan flavonoid berupa pada pare alfa-karoten, lutein, beta-karoten dan zeaxanthin dapat membantu meningkatkan ketajaman penglihatan mata karena senyawa tersebut dipercaya efektif untuk memperbaiki sel-sel yang ada pada mata.

  1. Membantu Menangkal Radikal Bebas dan Menjaga Kesehatan Kulit

Didalam pahitnya pare ternyata menyimpan kandungan vitamin C yang sangat tinggi hampir setara dengan kandungan vitamin C yang ada pada lemon. Sehingga pare dapat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari radikal bebas dan membantu dalam pembentukan kolagen maupun pemberi nutrisi dalam kulit, untuk mencegah adanya resiko penyakit kanker kulit.

Cara Konsumsi Pare Yang Benar Untuk Mendapatkan Manfaatnya

Dalam mengolah pare, perlu diperhatikan agar kandungan vitamin pada pare tidak hilang ketika proses pemasakan serta rasa pahit didalamnya dapat berkurang. Salah satu cara yang efektif untuk dilakukan adalah dengan memotong pare dan mencuci bersih lalu merendamnya dengan air garam selama 10 menit, untuk menghilangkan getah dan mengurangi rasa pahitnya, baru kemudian dilakukan pemasakan. Proses tersebut hanya akan mengurangi rasa pahit didalam pare saja tanpa mengurangi kandungan vitamin yang terkandung. Baca Juga:Mari Mengenal Pemanfaatan Teknologi Sistem Irigasi Tetes (Drip Irigation) Untuk Penyiraman Tanaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *