Cara Bikin Pestisida Nabati dari Nasi Basi

Punya tanaman yang cantik dan sehat itu menjadi impian para pecinta tanaman. Kadangkala mereka dibuat kesal oleh ulah hama yang membuat tanaman menjadi rusak atau bahkan mati. Tapi jangan khawatir, ada cara ampuh usir hama dengan pestisida nabati dari nasi basi. 

Pestisida nabati merupakan pestisida alami yang berbahan dasar tumbuhan sehingga akan mudah terurai ketika di udara dan sudah pasti tidak akan mencemari lingkungan. 

Menariknya lagi, pestisida nabati akan langsung membunuh hama pada saat diaplikasikan ke tanaman dan residunya akan langsung terurai di alam.

Baca Juga: Mengenal Pengendalian Hama Terpadu (PHT) yang Ampuh Usir Hama

Meskipun secara konsep pestisida nabati terbuat dari tumbuh-tumbuhan, tapi sekarang ini juga bisa terbuat dari nasi basi. Hal ini seiring dengan semakin canggihnya teknologi yang ada dan banyaknya penelitian sehingga pembuatan pestisida nabati dapat memanfaatkan bahan-bahan sisa yang ada di dapur.

Pestisida Nabati dari Nasi Basi

Para ahli telah mengemukakan fakta bahwa nasi menjadi salah satu media yang disukai oleh jamur untuk tumbuh karena mempunyai kandungan karbohidrat dan protein. 

Jamur yang tumbuh tersebut nantinya akan mengeluarkan suatu zat yang dipercaya dapat meracuni serangga perusak tanaman seperti ulat, belalang, dan serangga perusak lainnya. 

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat pestisida nabati dari nasi basi ini sangat mudah untuk didapatkan. Cukup siapkan nasi basi, air, dan toples sebagai wadah untuk penyimpanan. 

Berikut ini langkah-langkah dalam pembuatan pestisida nabati dari nasi basi. 

  1. Taruh nasi basi di area yang jauh dari jangkauan anak-anak dan serangga seperti semut, diamkan selama 2 malam. 
  2. Cuci bersih toples yang akan dijadikan wadah pestisida terlebih dahulu dan keringkan. 
  3. Masukkan segenggam nasi yang telah didiamkan selama 2 malam ke dalam toples. 
  4. Tuang 1 liter air yang tidak mengandung kaporit ke dalam toples berisi nasi. Gunakan perbandingan 1:10 untuk penggunaan air. 
  5. Aduk-aduk campuran nasi dengan air kemudian tutup tapi jangan terlalu rapat. Diamkan selama + 1 minggu. 
  6. Setelah 1 minggu, saring larutan agar tidak ada ampas nasi yang ikut tersaring. 
  7. Pestisida nabati siap digunakan. 

Mudah bukan proses pembuatannya? Selalu simpan pestisida di tempat yang aman dari jangkauan anak-anak untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Perlu dicatat bahwa penyemprotan pestisida nabati ini cukup dilakukan 7-10 hari sekali agar tidak berlebihan sehingga hasilnya pun bisa efektif untuk mengusir hama. Selamat mencoba! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *