Cara Menyimpan Kentang Agar Tahan Lama Foto:pixabay.com
Cara Menyimpan Kentang Agar Tahan Lama Foto:pixabay.com

Cara Menyimpan Kentang Agar Tahan Lama. Kentang merupakan jenis umbi-umbian dengan rasa dominan gurih dan sedikit manis serta kandungan karbohidrat yang tinggi, menjadi salah satu umbi (sayuran) favorit untuk dikonsumsi masyarakat. Sehingga tidak mengherankan banyak beragam olahan dari kentang yang dapat ditemukan. Akan tetapi perlu diperhatikan dalam penyimpanan kentang sebelum digunakan untuk masakan atau bahan baku makanan lainnnya, karena kentang memiliki sifat yang rentan dan busuk bila tidak disimpan dengan baik. Berikut ini adalah tips mudah dan praktis yang dapat dilakukan untuk menyimpan kentang agar tahan lama. Baca Juga:Prospek Budidaya Jamur Tiram di Masa Pandemi

Cara Menyimpan Kentang Agar Tahan Lama

  1. Membersihkan kentang dari tanah yang menempel dengan sikat (dianjurkan untuk tidak dicuci). Jika dilakukan pencucian akan menyebabkan kentang menjadi lembab dan mudah busuk karena ditumbuhi oleh jamur.
  2. Keringkan dengan tisu atau lap dan jemur dibawah sinar matahari selama 10 menit agar kondisi kentang tidak lembab.
  3. Meletakan kentang pada wadah berlubang dengan diberi alas kertas/koran untuk menyerap kelembaban pada kentang yang menyebabkan busuk.
  4. Menyimpan kentang disuhu ruang yang tidak terkena sinar matahari dan dijauhkan dari bahan makanan lain terutama pada bawang ataupun buah.
  5. Hindari penyimpanan kentang didalam kulkas. Karena kandungan pati pada kentang akan berubah menjadi gula pada suhu dingin seperti didalam kulkas, yang menyebabkan kentang berubah warna menjadi lebih coklat dan cita rasa dari kentang juga akan berubah.
Foto: unsplash.com
Foto: unsplash.com

Dengan langkah tersebut kentang dapat disimpan dengan estimasi waktu paling lama hingga 2-3 minggu. Akan tetapi dianjurkan untuk mengonsumsi kentang ketika masih segar/fresh karena kandungan vitamin maupun gizi yang terkandung dapat lebih maksimal diserap oleh tubuh. Selain itu terlalu lama kentang disimpan akan membuat kentang beracun karena bakteri akan tumbuh dan beresiko membahayakan kesehatan jika tetap dikonsumsi.

Menurut studi oleh Nottingham Trent University menyatakan bahwa kesalahan dalam penyimpanan kentang akan menyebabkan kentang dalam kondisi lembab dan memunculkan adanya pertumbuhan tunas serta berpengaru pada adanya rasa pahit pada kentang ketika dimakan. Rasa pahit tersebut muncul karena senyawa solanin pada kentang yang naik seiringnya dengan pertumbuhan tunas tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *