Cara menyimpan sayuran
Foto: Unsplash.com

Sayuran menjadi salah satu bahan masakan favorit karena harganya murah tapi memberikan nutrisi yang mahal bagi tubuh. Sayangnya, sayuran termasuk bahan yang mudah layu. Lantas adakah cara menyimpan sayuran agar tetap segar meskipun tanpa kulkas? 

Saat ini, pemerintah kembali memberlakukan PPKM secara darurat untuk wilayah Jawa-Bali yang dimulai sejak tanggal 3 Juli hingga 20 Juli mendatang. 

Baca Juga: PPKM Lagi, Ini Rekomendasi Tanaman Herbal yang Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh

Akibatnya, pasar dan area publik lainnya harus mengikuti pemberlakuan buka tutup sesuai waktu yang telah ditetapkan. Alhasil banyak yang kemudian menjadi panik buying dengan membeli bahan-bahan masakan melebihi kebutuhan. 

Tak sedikit yang melakukan pembelian sayuran dalam jumlah yang banyak karena ingin menjadikannya stok supaya tidak perlu keluar untuk berbelanja. Padahal, sayuran memiliki karakteristik yang mudah layu. 

Tapi kamu jangan khawatir, berikut ini Dewi hadirkan cara menyimpan sayuran yang meskipun tanpa kulkas akan tetap bisa segar seperti kondisi saat pertama kali membeli. 

Penyebab Sayuran Menjadi Layu

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bagaimana cara menyimpan sayuran, alangkah baiknya jika kamu mengetahui apa penyebab sayuran menjadi mudah layu. 

Pada dasarnya, produk-produk yang dihasilkan oleh pertanian khususnya hortikultura memiliki sifat perishable atau mudah rusak sehingga harus cepat diolah. 

Apabila ingin mengolahnya untuk waktu yang lama, maka harus menerapkan penanganan yang baik dan benar. Hal ini karena sayuran akan tetap layu meskipun kamu menyimpannya dalam kulkas. 

Cara Menyimpan Sayuran Tanpa Kulkas

Setelah mengetahui penyebab sayuran menjadi layu yang ternyata dikarenakan kadar air yang berkurang, maka langkah selanjutnya adalah melakukan tindakan pencegahan. Apa saja ya?

1. Cuci Ketika Akan Dikonsumsi

Sayuran yang tidak disimpan dalam kulkas, apabila dicuci terlebih dahulu akan mudah busuk. Meskipun dengan dicuci akan menghilangkan residu, sebaiknya cuci ketika akan diolah dan dikonsumsi ya.

2. Buang Bagian yang Busuk

Sayuran memiliki sifat yang sensitif, jadi ketika ada bagian kecil yang busuk akan menyebabkan bagian lainnya juga cepat mengalami pembusukan. Maka dari itu, penting untuk menyingkirkan bagian yang busuk agar kesegaran sayur tetap terjaga. 

3. Bungkus dengan Tisu atau Plastik

Gunakan tisu sebagai pembungkus mengingat sayuran dapat dengan mudah membusuk. Ganti tisu secara berkala jika dirasa sudah terlalu basah. 

Apabila kamu menggunakan plastik sebagai tempat menyimpan sayur, berikan sedikit lubang agar sirkulasi udara nya lancar. Selain itu, hal bertujuan untuk menjaga kandungan air agar sayuran tidak mudah layu.

4. Simpan di Tempat Kering

Kondisi yang lembab akan mempercepat proses pembusukan pada sayuran. Setelah sayuran dibungkus dengan tisu ataupun plastik, simpan sayuran di tempat khusus dengan kondisi yang kering dan tidak lembab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *