Tren dan Prospek Budidaya Bunga Telang Dimasa Pandemi Covid
Tren dan Prospek Budidaya Bunga Telang Dimasa Pandemi Covid Foto:pixabay.com

Terjadinya wabah covid 19 diberbagai negara membuat segala aktivitas menjadi terhenti dan mengakibatkan semua masyarakat harus berdiam diri didalam rumah untuk mengurangi angka penularan. Dampak yang diakibatkan dari hal tersebut adalah masyarakat menjadi jenuh dan stress akibat pembatasan aktivitas diluar rumah. Namun beberapa orang memilih untuk menjalankan hobi mereka untuk mengurangi kejenuhan selama dirumah, salah satunya adalah dengan bercocok tanam. Kegiatan bercocok tanam dapat membantu mengurangi tingkat stress bahkan meningkatkan pundi-pundi pemasukan, sebagai contoh budidaya bunga telang. Bunga telang mulai terkenal dan menjadi prospek bisnis yang cukup baik dimasa pandemi covid 19 ini, hal ini dikarenakan manfaat yang terkandung dan fleksibilitas pada bunga telang yang mudah serta cocok untuk diolah menjadi berbagai produk olahan yang bernilai ekonomis.

Budidaya Bunga Telang

Budidaya bunga telang dapat digolongkan mudah, karena proses penanaman dan perawatannya menyerupai tanaman bunga lainnya, tidak memerlukan perawatan atau perlakuan khusus.

  1. Persiapan Benih atau Bibit

Bunga telang dapat dibudidayakan melalui biji/benih dan melalui hasil perbanyakan vegetatif stek sulur pada tanaman induk. Penanaman menggunakan benih dilakukan perendaman terhadap benih bunga telang ke dalam air selama 15-30 menit untuk proses imbibisi.

  1. Proses Penanaman

Penanaman bunga telang dapat dilakukan secara langsung dilahan/kebun maupun didalam pot atau polybag. Penanaman di lahan sebaiknya dilakukan sanitasi atau pembersihan areal lahan dari gulma yang mengganggu, selain itu sebelum benih/bibit dipindah tanam sebaiknya dilakukan penyemaian terlebih dahulu untuk menghindari resiko kematian tanaman yang lebih tinggi akibat penanaman secara langsung. Sedangkan penanaman didalam pot atau polybag hanyalah tinggal menyiapkan komposisi media tanam yang lengkap, berupa campuran tanah dan pupuk saja dan memindahkan benih bunga telang untuk kemudian ditanam.Baca Juga:PPKM Lagi, Ini Rekomendasi Tanaman Herbal yang Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh

  1. Pemeliharaan dan Perawatan

Pemeliharaan dan perawatan pada saat budidaya bunga telang hanyalah cukup melakukan penyiraman yang cukup sehari dua kali pada saat pagi dan sore hari, melakukan sanitasi disekitar areal pertanaman, menyemprotkan pestisida jika terdapat tanaman yang terserang hama atau penyakit, memberikan ajir (alat penegak yang terbuat dari kayu/bambu) sebagai media perambatan tanaman dan memberikan pupuk tambahan sebagai penunjang nutrisi tanaman.

  1. Pemanenan Bunga Telang

Kegiatan pemanenan bunga telang dapat dilakukan ketika tanaman memasuki umur 50-75 HST. Bunga telang yang siap dipanen memiliki ciri-ciri warna bunga yang sudah biru cerah dan mekar secara sempurna.

  1. Pengolahan

Bunga telang yang sudah dipanen, dapat diolah menjadi berbagai macam produk baik makanan maupun minuman. Salah satu yang terkenal adalah teh bunga telang. Pembuatan teh bunga telang sangatlah mudah, hanya tinggal mengeringkan bunga telang segar hingga benar-benar kering dan menyeduhnya ke dalam air panas saja untuk dapat dinikmati.

Prospek Bunga Telang

Bunga telang dipasaran memiliki harga yang cukup tinggi karena kandungan pada bunga telang yang dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit. Dipasaran harga olahan teh bunga telang mencapai 25 ribu per kemasan untuk ukuran 7 gram. Bunga telang banyak dipasarkan baik sebagai tanaman hias maupun sebagai olahan makanan sehingga membuat pasar bunga telang tidak sebatas pada satu lingkup saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *