Tanaman herbal untuk daya tahan tubuh
Foto: unsplash.com

Pulau Jawa dan Bali kembali menerapkan aturan PPKM darurat selama 18 hari mulai 3-20 Juli 2021. Hal ini kemudian memicu adanya kelangkaan dan kenaikan harga minuman yang dipercaya mampu meningkatkan imun. Sebagai pengganti, kamu bisa juga konsumsi tanaman herbal yang tak kalah berkhasiat untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Selama pandemi Covid-19 masih berlangsung, menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh menjadi sebuah keharusan untuk meminimalisir risiko terserang virus. Salah satunya, dengan mengonsumsi tanaman herbal atau empon-empon. 

Jauh sebelum adanya pandemi, tanaman herbal telah banyak dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tanaman herbal biasanya dikonsumsi dalam bentuk wedang, jamu, ataupun obat tradisional. 

Pemanfaatan beberapa tanaman herbal tradisional telah terbukti secara empiris dan secara turun menurun sejak ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu untuk dapat memelihara kesehatan tubuh.

Rekomendasi Tanaman Herbal

1. Jahe Merah

Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang paling sering dijadikan sebagai minuman tradisional oleh masyarakat. 

Mengonsumsi jahe utamanya jahe merah akan membantu meningkatkan imunitas tubuh, sistem pencernaan, melawan peradangan, serta obat tradisional untuk pilek dan mual.

Banyak sekali kandungan senyawa aktif dalam jahe merah yang menyehatkan bagi tubuh, diantaranya gingerol dan curcumin yang sangat baik bagi tubuh. 

Kedua kandungan tersebut berfungsi sebagai antioksidan dan anti inflamasi yang ampuh untuk menangkal radikal bebas sehingga akan meningkatkan sistem imun tubuh.

2. Temulawak

Tanaman ini mengandung zat aktif curcuminoid dan ukanon jenis A, B, C dan D yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Pemanfaatan temulawak dalam pengobatan tradisional banyak digunakan dalam membantu pengobatan gangguan pencernaan, sakit kuning, meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga kesehatan

3. Kunyit

Dalam kunyit, terkandung senyawa bernama curcumin yang memberi warna kuning pada kunyit. Senyawa tersebut memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. 

Curcumin juga dipercaya berfungsi sebagai immune booster yang pada masa pandemi seperti sekarang ini sangat dibutuhkan.

4. Serai

Serai merupakan salah satu rempah yang juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Selain antioksidan, dalam serai juga ditemukan antimikroba yang dapat membantu melindungi tubuh dari serangan penyakit.

5. Kencur

Kencur banyak dimanfaatkan untuk mengobati sakit perut, mengobati masuk angin, atasi batuk, dan mengurangi bengkak. 

Empon-empon yang satu ini, memiliki efek antioksidan yang baik bagi tubuh. Kencur juga mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang dapat dimanfaatkan sebagai stimulan.

Selain mengonsumsi tanaman herbal di atas, kamu juga harus imbangi dengan makan-makanan yang bergizi dan juga rutin olahraga serta menjaga pola tidur. Stay healthy ya! 

Baca Juga: Sarapan Sehat dengan Buah Alpukat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *