Manfaat buah ciplukan untuk kesehatan
Foto: unsplash.com

Buah ciplukan atau istilah kerennya Golden Berry ini menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Indonesia selama beberapa tahun terakhir ini karena manfaat buah ciplukan yang beragam.

Bagaimana tidak? buah liar yang sering ditemukan di lahan kosong ataupun pinggiran sawah ini mampu menembus swalayan dan bahkan dibanderol dengan harga yang cukup tinggi untuk ukuran buah liar.

Tanaman ini pada awalnya dianggap sebagai gulma karena punya tempat tumbuh di bawah pohon, di area persawahan, ladang, tepi jalan, semak-semak, dan di tempat-tempat yang umumnya tak dijangkau oleh manusia. Maka tak heran apabila buah ini lebih sering diabaikan daripada dimanfaatkan.

Manfaat Buah Ciplukan

Buah yang memiliki nama latin Physalis sp. ini termasuk dalam genus hortikultura yang  kaya akan nilai nutrisi pada kandungan vitamin, mineral dan antioksidan.

Meskipun namanya ‘golden berry’, tapi buah ini bukanlah termasuk ke dalam keluarga berry. Ia justru lebih condong ke bagian keluarga tomat ataupun terong.

Ciplukan memiliki warna yang kuning keemasan dengan perpaduan cita rasa yang manis dan asam. Dilansir dari laman Bens Natural Health, berikut ini manfaat buah ciplukan yang akan tubuh kamu dapatkan. Check it out!

1. Memperkuat Imun Tubuh

Kandungan vitamin C yang terkandung dalam buah ciplukan terbilang tinggi sehingga sangat bagus untuk memperkuat sistem imun.

Vitamin C dikenal sebagai senyawa utama tubuh yang dibutuhkan dalam berbagai proses penting, mulai dari pembuatan kolagen, pengangkut lemak, pengatur tingkat kolesterol, serta pemacu imunitas

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ciplukan bisa jadi solusi untuk kamu yang sedang mencoba untuk menurunkan berat badan loh, ini karena buah ciplukan rendah kalori dan tinggi serat. Salah satu kunci keberhasilan menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi asupan kalori harian tubuhmu.

3. Menyehatkan Tulang

Ciplukan kaya akan vitamin K, vitamin yang larut dalam lemak yang terlibat dalam metabolisme tulang. Vitamin K sendiri berperan dalam memperlambat laju pengeroposan tulang pada wanita menopause.

Selain itu, vitamin K juga dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang dan menurunkan risiko patah tulang pada penderita osteoporosis.

4. Mencegah Penyakit Kronis

Buah ciplukan diketahui mengandung antioksidan yang tinggi sehingga terbilang ideal untuk membantu pencegahan penyakit kronis seperti kanker. Antioksidan sendiri berguna untuk melindungi dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain mengandung antioksidan, buah ciplukan juga mengandung senyawa yang dipercaya dapat membantu mencegah terbentuknya sel kanker. Walaupun begitu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiat ini secara langsung bagi manusia.

Baca Juga: Khasiat Penting Konsumsi Selada Dipercaya Ampuh Sebagai Antikanker di Dalam Tubuh

5. Meningkatkan Kesehatan Mata

Tak dapat dipungkiri bahwa ciplukan kaya akan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. Vitamin A yang terkandung dalam buah ciplukan akan dapat meningkatkan kesehatan mata dan membantu meningkatkan ketajaman mata.

Selain vitamin A, buah berukuran sebesar kelereng ini juga mengandung karotenoid yang dapat mencegah risiko beberapa gangguan pengelihatan.

Kelima manfaat di atas hanyalah sebagian dari ragam manfaat buah ciplukan. Perlu diingat, bahwa ketika kamu mengkonsumsi buah ciplukan tidak serta merta semua manfaat akan kamu rasakan secara instan. Kamu tetap harus memperhatikan pola makan dan gaya hidup agar senantiasa selalu diberikan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *