Limbah cangkang telur perlu dikelola Foto:pixabay.com
Limbah Cangkang Telur Foto:pixabay.com

Limbah cangkang telur. Semakin meningkatnya kebutuhan hidup manusia setiap harinya berbanding pada naiknya sisa buangan yang dihasilkan dari kegiatan tersebut, baik lingkup rumah tangga hingga global. Aktivitas manusia yang menghasilkan limbah terus berkelanjutan hingga menyebabkan pengaruh negatif pada lingkungan, salah satu contohnya adalah limbah cangkang telur.

Limbah cangkang telur hampir dapat ditemukan diberbagai lingkup lingkungan mengingat kebutuhan konsumsi telur masyarakat yang tinggi. Cangkang telur merupakan sampah daur ulang yang sangat mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari, produksi cangkang telur ayam per tahun mencapai 15.000 ton (Sitohang, dkk. 2016). Kandungan cangkang telur terdiri atas 95,1% adalah garam-garam organik, 3,3 % bahan organik  (terutama protein) dan 1,6% air. Komponen utama garam  disertai senyawa organik pada cangkang telur, terutama cangkang telur ayam berpotensi mencemari lingkungan akibat aktivitas mikroba yang ada didalamnya. Sehingga melihat dampak tersebut perlu dilakukan pengolahan dan pemanfaatan cangkang telur agar dapat lebih ramah dari segi lingkungan dan sebagai nilai guna ekonomi. Berikut contoh pengolahan dan pemanfaat cangkang telur:

  1. Sebagai Pupuk Organik Tanaman

Kandungan kalsium yang cukup tinggi pada cangkang telur dapat dimanfaatkan sebagai sumber nutrisi atau pupuk bagi tanaman. Cara pembuatan cukuplah mudah yakni dengan mencuci bersih cangkang telur menggunakan air bersih, kemudian keringkan dan tumbuk menjadi serbuk lalu diaplikasikan pada tanaman.

  1. Sebagai Sabun Cuci Peralatan

Cangkang telur yang sudah berbentuk serbuk dengan tambahan sedikit baking soda dapat digunakan untuk membersihkan peralatan seperti peralatan memasak wajan atau panci yang berkerak.Baca Juga: Hindari Cabang Penyakit dari Limbah Rumah Tangga

  1. Sebagai bahan kosmetik

Serbuk cangkang telur yang ditambahkan dengan bahan lain seperti putih telur, madu dan air mawar dapat digunakan sebagai alternative scrub atau lulur organik yang dipercaya dapat mencerahkan warna kulit.

  1. Sebagai Campuran Bahan Bangunan

Cangkang telur dapat digunakan sebagai pengganti semen dalam pembuatan beton dalam bahan bangunan. Akan tetapi perlu diperhatikan secara teliti dikarenakan untuk digunakan sebagai bahan pembuatan beton cangkang telur harus benar-benar halus agar dapat tercampur sempurna dengan material lainnya seperti air.

  1. Sebagai Bahan Baku Kerajinan Bernilai Ekonomi

Limbah cangkang telur dapat dimanfaatkan sebgaai bahan baku kerajinan dengan nilai jual yang cukup tinggi seperti kaligrafi dari cangkang telur, mozaik, vas bunga, hingga lukisan. Hanya diperlukan pengolahan secara lebih lanjut pada cangkang telur agar dapat diaplikasikan sebagai kerajinan meliputi pewarnaan, pembentukan dan penyusunan.

Dengan adanya pengolahan dan pemanfaatan limbah cangkang telur diatas, diharapkan dapat mengurangi dampak negatif yang dihasilkan bagi lingkungan. Selain itu juga mewujudkan adanya ekosistem lingkungan yang sehat dan berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *