Taman vertikal solusi taman perkotaan
Foto: unsplash.com

Berkebun banyak diminati sebagai bentuk stress healing karena dinilai dapat mendatangkan ketenangan. Bagi kamu yang tinggal di perkotaan, ada metode berkebun di lahan sempit yang dinamakan taman vertikal. 

Entah disadari atau tidak, setahun belakangan ini minat berkebun masyarakat kita sedang dalam tren yang positif atau meningkat. Hal ini tak lepas dari efek anjuran pemerintah untuk stay at home baik bekerja, belajar, ataupun belanja selama pandemi Covid -19 berlangsung.

Tapi sayangnya tak semua rumah memiliki lahan untuk dijadikan taman, utamanya di daerah perkotaan yang memang terkenal akan kondisi lahan yang sempit.

Meskipun begitu, untuk kamu yang tinggal di perkotaan dan ingin memiliki taman tak perlu khawatir. Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, sektor pertanian saat ini sudah mengalami modernisasi dimana menanam tak lagi hanya mengandalkan sawah ataupun lahan yang luas.

Kamu bisa melakukan budidaya atau hanya sebatas menanam untuk tujuan estetika dengan memanfaatkan tembok rumah dengan metode taman vertikal loh. Penasaran? Check it out!

Apa Itu Taman Vertikal? 

Taman vertikal atau bahasa kerennya disebut vertical garden ini merupakan salah satu metode yang banyak ditemukan di kawasan perkotaan.

Pada konsepnya, tanaman disusun secara vertikal atau tegak mengikuti bentuk dinding atau bangunan dengan tujuan untuk keseimbangan lingkungan sehingga dapat menciptakan iklim mikro yang spesifik di sekitarnya.

Taman vertikal ini dapat dikatakan sebagai salah satu alternatif untuk berkebun di kawasan perkotaan yang identik dengan keterbatasan lahan kosong dengan memperluas ruang lingkup menanam tanaman di ruang vertikal. 

Saat ini, taman vertikal telah menjadi bagian dari urban life style loh. Banyak bangunan-bangunan tengah kota yang turut menjadikan taman vertikal untuk penghijauan ataupun sekadar estetika belaka.

Apapun tujuannya, pada akhirnya tetap mendatangkan manfaat yang sama yakni untuk mengatasi permasalahan lingkungan di perkotaan.

Baca Juga: Mari Mengenal Pemanfaatan Teknologi Sistem Irigasi Tetes (Drip Irigation) Untuk Penyiraman Tanaman

Perlu diingat bahwa tanaman tidak hanya sangat indah, tetapi juga membantu memeriahkan suasana. Tanaman yang disusun secara vertikal di dinding akan dapat menyerap gas panas di udara, menurunkan suhu dalam dan luar ruangan, memberikan kualitas udara dalam ruangan yang lebih sehat serta ruang menghadirkan nilai estetika. 

Jenis-jenis Sistem Taman Vertikal

Terdapat dua jenis sistem taman vertikal yang sering dijumpai pada perkotaan di seluruh penjuru dunia.

1. Green Facade

Taman vertikal jenis ini pada konsepnya bukanlah taman yang sengaja dibuat. Kamu pasti pernah menemukan dinding rumah salah satu tetangga yang terlihat bagus karena ada tanaman yang merambat dari atas ke bawah. Nah, itulah yang dinamakan green facade.

Singkatnya, green facade adalah dinding yang permukaannya ditumbuhi tanaman merambat. Perawatan untuk jenis ini tidaklah sulit karena tidak membutuhkan media tanam ataupun peralatan tertentu. 

2. Living Wall

Pada sistem ini, permukaan dinding secara sengaja direkatkan rangka atau wadah media tanam. Menggunakan living wall lebih menguntungkan dari sisi variasi tanaman yang ditanam baik sayuran, buah, ataupun bunga dapat menggunakan sistem ini. Akan tetapi, perawatannya akan sedikit rumit jika dibandingkan dengan sistem green facade.

Keuntungan

Selain instagramable dan memberikan kesan aesthetic, banyak sekali keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika memutuskan untuk menggunakan metode ini.

Bahkan kemungkinan keuntungan yang diperoleh dari taman vettikal ini belum tentu kamu temukan dari metode lainnya. Apa aja sih keuntungannya?

  1. Meningkatkan kualitas udara;
  2. Menjadi pendingin alami;
  3. Mampu menyerap polusi;
  4. Menghasilkan pangan sehat; 
  5. Mengurangi stress;
  6. Mengurangi radiasi matahari; 
  7. Mudah untuk mengontrol hama dan penyakit tanaman; 
  8. Menghemat penggunaan lahan; 
  9. Mudah dipindahkan; dan
  10. Menurunkan suhu ruangan.

Sektor pertanian yang bergerak maju mengikuti perkembangan zaman telah mengantarkan kita mengenal taman vertikal sebagai solusi untuk penghijauan di kawasan urban.

Jadi, untuk kamu yang ingin punya taman tapi tak punya lahan bisa banget menggunakan metode taman vertikal ini. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *