Buah ini memiliki biji yang besar dan berwarna hijau dari kulit sampai daging buahnya, bentuknya pun unik, buah ini paling enak kalau dibuat jus, bisa ditebak? Yap buah alpukat!

Hampir semua bagian alpukat memiliki banyak manfaat loh, dari batang pohonnya bisa dijadikan bahan bakar. Biji serta daunnya bisa digunakan untuk industry pakaian, sampai kulit pohonnya bisa dipakai untuk perwarna coklat pada produk berbahan kulit. Sedangkan buah alpukat sendiri merupakan buah yang memiliki lemak sehat terbanyak.

Lemak sehat yang terkandung akan memberikan banyak manfaat apalagi bagi pengidap kolestrol.  Hasil Penelitian menyebut, terjadi penurunan kadar kolesterol total dan LDL kolesterol serta peningkatan kadar HDL kolesterol yang bermakna secara statistik setelah diberikan jus alpukat selama 14 hari. Tentunya HDL atau kandungan tinggi protein dan sedikit lemah akan meringankan konsumsi pengidap kolestrol.

Menurut jurnal Universital Muhamadiyah Sumatera Selatan, Alpukat memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Alpukat kaya akan protein, riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), potassium (kalium), vitamin A, vitamin C, selain itu alpukat juga mengandung betakaroten, klorofil yang berlimpah dalam alpukat.

Selain itu, terdapat banyak juga manfaat buah alpukat terutama saat dikonsumsi pagi hari atau keaadaan perut masih kosong. Berikut manfaat mengkonsumsi buah alpukat untuk sarapan:

  1. Mengurangi berat badan

Perlu diketahui jika kandungan buat alpukat terdapat jumlah lemak yang tinggi protein. Sehingga mengkonsumsi buah alpukat saat sarapan bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan sehat pula. Mengkonsumsi satu buah alpukat dengan madu atau dibuat jus sudah akan memberi energi di pagi hari.

Sebab Jenis lemak dalam alpukat adalah lemak nabati tak jenuh tunggal yang dikenal lemak baik dan sangat mudah dibakar menjadi energi. Alpukat juga termasuk buah yang tinggi serat sedangkan karbohidratnya rendah, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

  1. Meremajakan kulit

Sudah banyak perawatan kulit sekarang yang mengandung buah alpukat. Karena manfaat satu buah Alpukat bisa memenuhi 17 persen kebutuhan vitamin C dan E tubuh setiap hari. Apalagi kedua vitamin tersebut memilki peran juga untuk melindungi dari radikal bebas yang mengganggu kesehatan kulit. Antioksidan lutein dan zeaxanthin yang dimilikinya juga memiliki khasiat serupa.

  1. Menjaga pencernaan

Kandungan serat dan nutrisi yang dimiliki buah alpukat akan menjaga kesehatan penceranaan tetap baik. alpukat memiliki jumlah serat sebanyak 6-7 gram per setengah buah. Mengkonsumsi buah alpukat setiap pagi akan mengurangi resiko penceranaan seperti diare, sembelit, kesulitan buang air besar.

Banyaknya kandungan dalam sebuah berwarna hijau ini bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi pagi hari. Kebutuhan serat Ketika pagi hari bisa dipenuhi oleh buah alpukat untuk mendapatkan pencernaan yang baik sampai melindungi kulit dari radikal bebas. Sehingga banyaknya kegiatan sehari-hari bisa terjamin sehat dari buah alpukat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *