Umbi Porang Yang Siap Untuk Di Ekspor Foto:Hops.id
Umbi Porang Yang Siap Untuk Di Ekspor Foto:Hops.id

Sekilas Tentang Porang

Semakin pesatnya kemajuan di bidang pertanian, menyebabkan munculnya ide-ide atau peluang bisnis baru, salah satunya budidaya porang. Porang (Amorphophallus muelleri) adalah jenis tanaman yang masuk dalam klasifikasi umbi-umbian dari suku talas-talasan (Araceae) yang pada awalnya merupakan golongan tanaman liar dan banyak ditemukan dihutan.Porang mulai dimanfaatkan sejak masa penjajahan Jepang pada tahun 1942, dimana Jepang memanfaatkan porang sebagai logistik dan sumber makanan ketika berperang. Namun mulai tahun 2019 ketika Kementerian Pertanian menetapkan tanaman porang sebagai komoditas tanaman unggulan, para petani mulai berlomba-lomba untuk menanam dan membudidayakan tanaman porang. Hal ini dikarenakan kayanya manfaat yang terkandung dan minat pasar ekspor terhadap porang menjadikan tanaman porang menjadi primadona dikalangan petani.

Prospek Bisnis Porang

Didalam umbi tanaman porang mengandung Glukomanan berbentuk tepung yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti bahan pangan fungsional, pakan ternak, pengikat air, bahan pengental, penggumpal atau pembentuk gel dan makanan diet lemak dan kalori, terutama karena sifat Glukomanan yang tinggi didalam air. Sehingga banyak negara, salah satunya Jepang sangat tertarik pada porang untuk dijadikan bahan baku industri makanan.
Bisnis tanaman porang tidaklah terbatas pada hasil umbinya saja, akan tetapi dapat berupa olahan seperti chip dan tepung serta bahan untuk perbanyakan tanaman (bibit) seperti biji dan umbi katak (bulbil). Untuk membedakan antara benih dan bibit dapat cek selengkapnya Awas Keliru, Inilah Perbedaan Benih dan Bibit yang Harus Kamu Tahu
Semakin tingginya harga porang membuat petani lokal beralih dari tanaman pangan seperti padi dan jagung menjadi ke komoditas porang. Dengan harga jual porang 300 ribu-1,5 jt per kg nya, cukup menjanjikan mengingat waktu budidaya porang yang cukup lama yakni selama 2 tahun baru dapat dipanen.

Budidaya Porang

Budidaya tanaman porang dapat dibudidayakan tanpa harus memerlukan lahan pertanaman yang luas. Tanaman porang merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah untuk dibudidayakan akan tetapi memerlukan perawatan yang cukup khusus. Tanaman porang dapat tumbuh pada lingkungan yang subur, dengan intensitas cahaya matahari cukup. Selain itu juga porang cocok ditanam ketika memasuki musim penghujan. Penanaman porang dapat dilakukan melalui biji, bibit, umbi atau perkembangbiakan melalui bintil/katak. Akan tetapi dijaman modern ini, pengembangbiakan porang sudah cukup dipermudah dengan adanya perbanyakan teknik kultur jaringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *